Seorang anak sedang sedih dan depresi. Ada beberapa cara yang  bisa dilakukan untuk menemukan inner child dalam diri sendiri, untuk memulihkan/The Indian Express
Health

Simak 10 Tips Menyembuhkan Trauma Masa Kecil

Redaksi
Senin, 12 Agustus 2024 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang tetap dapat merasakan trauma masa kecilnya, bahkan sampai dia beranjak dewasa. Trauma ini secara tidak langsung dapat menghambat potensi diri seseorang, dengan menghantui orang tersebut dengan rasa takut.

Dilansir dari laman betterhelp.com dan verywellmind.com, Senin (12/8/2024), trauma tersebut sebenarnya dapat disembuhkan tanpa bantuan medis – dengan melakukan cara-cara tertentu, tetapi butuh kemauan yang kuat untuk melakukanya.

Tips menyembuhkan trauma masa kecil:

1. Olahraga

Olahraga dapat memicu hormon endorfin yang dapat memberikan rasa senang kepada tubuh. Jika tidak suka berolahraga, lakukanlah kegiatan-kegiatan menyenangkan yang mengharuskan Anda untuk bergerak seperti mendaki gunung, bersepeda bersama teman, atau mengikuti kelas menari.

2. Berikan ruang aman untuk diri sendiri

Dengan ruangan yang tenang dan terlindungi, seseorang dapat merasa lebih nyaman untuk kembali ke masa lalunya yang menyimpan emosi, kenangan, dan keyakinan.

3. Merefleksikan diri

Bentuk kesadaran diri ini dapat menjadi penting dalam memahami luka dan pola yang didapat saat masa kecil. Menulis jurnal adalah salah satu caranya. Jurnal tersebut dapat menjadi metode yang ampuh untuk memeriksa pikiran, perasaan, dan ingatan yang akan membantu seseorang melepas traumanya.

4. Gunakan teknik visualisasi dan perumpamaan

Cara ini lebih baik dilakukan dengan bantuan medis. Visualisasi terbimbing merupakan cara umum yang digunakan untuk membantu seseorang lebih rileks dan terhubung dengan inner child.

Penting untuk diingat, bahwa beberapa orang mungkin menganggap cara ini berbahaya, seperti mereka yang memiliki riwayat gejala psikosis. Jika melakukannya sendiri, pastikan untuk konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.

5. Terlibat dalam dialog batin

Terlibat dalam dialog batin (komunikasi intrapersonal) dapat membantu mengatasi dan menyembuhkan luka-luka dari masa lalu. Dialog tersebut dapat dalam bentuk cinta dan kasih sayang kepada diri Anda sebelumnya dengan cara yang paling sesuai.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro