Ilustrasi labu/pexels
Health

6 Manfaat Labu untuk Kesehatan, Baik untuk Diet hingga Cegah Kanker

Mutiara Nabila
Senin, 7 Oktober 2024 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Oktober kerap dikenal untuk merayakan Halloween, terutama di negara-negara barat, dengan buah labu kerap jadi dekorasi utama.

Namun, selain jadi dekorasi, sebenarnya labu bisa dibuat menjadi makanan yang nikmat dan juga sehat dengan banyak manfaat.

Labu terkenal karena kegunaannya yang serbaguna, mulai dari sup dan salad hingga manisan dan pai. Labu kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, sehingga menjadikannya tambahan bergizi untuk diet apa pun.

Mengutip Health, berikut ini adalah sederet manfaat mengonsumsi makanan lezat ini bagi kesehatan dan kebugaran tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat merupakan nutrisi utama yang mendukung kesehatan usus dengan mengatur mikrobiota usus dan membantu melancarkan buang air besar secara teratur.

Satu cangkir labu lumat kalengan mengandung 7 gram (g) serat, yang mendekati 30% DV

Beberapa data juga menunjukkan bahwa kulit labu mengandung polisakarida yang tidak larut dalam alkohol, yang cenderung dapat mengurangi asam empedu dan mendukung pertumbuhan mikrobiota usus.

2. Dapat Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Karena perkembangan kanker tertentu dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif, diet yang kaya antioksidan dianjurkan untuk mengurangi risiko kanker.

Labu telah diteliti khasiatnya sebagai antikanker, sebagian karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Beberapa penelitian melaporkan bahwa risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker dubur, dan kanker paru-paru, lebih rendah di antara mereka yang mengonsumsi lebih banyak biji labu.

Data lainnya menunjukkan bahwa labu dapat menghambat perkembangan kanker prostat, meskipun penelitian pada manusia yang berkualitas masih diperlukan untuk mengonfirmasi laporan ini.

3. Meningkatkan Kesehatan Kekebalan Tubuh

Labu merupakan sumber alami berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh, termasuk vitamin C, seng, dan selenium. Adapun, karena hidrasi yang tepat juga dapat memengaruhi kesehatan kekebalan tubuh, fakta bahwa labu mengandung sekitar 90% air membantu juga menjadi alasan lain mengapa makanan ini dapat menjadi bagian penting dari diet yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

Terakhir, karena 70% sistem kekebalan tubuh kita berada di usus, menjaga kesehatan usus dengan mengonsumsi makanan berserat, seperti labu, juga dapat memengaruhi kesehatan kekebalan tubuh kita.

4. Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro