Daun kratom
Health

Efek Samping Tanaman Kratom, Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Manusia

Redaksi
Senin, 24 Juni 2024 - 18:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kratom merupakan salah satu tanaman fenomenal yang saat ini menjadi bahan perbincangan di Indonesia. Tanaman ini disebut memiliki kandungan narkotika yang membahayakan bagi kesehatan manusia. 

Dilansir dari mayoclinic.org, Senin (24/6/2024) kratom merupakan ekstrak herbal daun cemara yang disebut sebagai Mitragyna speciosa. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai suplemen yang dijual untuk meningkatkan energi, pereda nyeri, dan mampu meningkatkan suasana hati. Namun, penggunaan kratom tidak dapat dilakukan secara bebas tanpa adanya resep yang sesuai dengan anjuran dokter.

Orang yang menggunakan kratom dengan dosis rendah, akan memberikan dampak yang baik untuk menghasilkan banyak energi. Namun, orang yang menggunakan kratom dengan dosis tinggi akan meredakan rasa sakit, penghilang kecemasan, dan disebut sebagai obat penenang. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa suplemen kratom memiliki lebih banyak bahan aktif daripada tanaman kratom asli. Kratom mulai bekerja dalam hitungan menit, dan efeknya mampu bertahan hingga beberapa jam. Semakin banyak kratom yang dikonsumsi, maka semakin kuat efek yang dirasakan.

Dilansir dari webmd.com, berikut 7 efek yang dihasilkan akibat konsumsi kratom:

1. Penurunan berat badan

2. Mulut kering

3. Mual dan muntah

4. Sembelit

5. Kerusakan hati

6. Nyeri otot

7. Tekanan darah tinggi

Efek samping kratom
Efek samping kratom

Inilah dampak buruk kratom yang berbahaya bagi kesehatan manusia:

1. Gangguan penggunaan alkohol

Orang dengan ketergantungan alkohol yang menggunakan kratom memiliki risiko gangguan psikis secara berat. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan kognitif dan efek candu yang terjadi dalam waktu lama, hingga menimbulkan peningkatan terjadinya risiko bunuh diri.  

2. Epilepsi 

Epilepsi merupakan salah satu kondisi kejang yang terjadi akibat adanya gangguan aktivitas pada sel saraf. Orang yang menggunakan kratom dan memiliki riwayat epilepsi, dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang setiap saat.

3. Penurunan kesehatan pada jantung

Kratom memiliki kandungan zat berbahaya yang membahayakan bagi tubuh. Sama halnya dengan rokok, jika dikonsumsi secara terus menerus akan merusak kesehatan organ yang ada di dalam tubuh manusia. Konsumsi kratom dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko detak jantung yang melaju secara cepat.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro