Manfaat kacang pistachio
Health

8 Kacang-kacangan dan Biji-bijian Kaya Protein, Ampuh Turunkan Berat Badan

Mutiara Nabila
Sabtu, 5 Oktober 2024 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan memasukkan makanan kaya protein ke dalam diet Anda. 

Pasalnya protein membantu perbaikan dan pertumbuhan otot, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, serta membantu menjaga metabolisme Anda. 

Mengutip Helathshots, berikut ini adalah daftar kacang-kacangan dan biji-bijian kaya protein terbaik yang dapat membantu menurunkan berat badan.

8 Kacang-kacangan dan Biji-bijian untuk Turunkan Berat Badan 

1. Kacang almond

Almond merupakan camilan yang disukai banyak orang dan cukup mudah ditemui. Kacang almond tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan protein, lemak sehat, dan serat.

Untuk 100 gram kacang almond dapat menyediakan sekitar 21 gram protein. Kacang almond juga kaya akan magnesium, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang berarti mengurangi rasa lapar sepanjang hari. 

Kacang almond dapat dikonsumsi sebagai camilan di sore hari atau menambahkannya ke dalam mangkuk oatmeal di pagi hari untuk menambah energi.

2. Walnut

Kacang walnut dikenal karena asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber protein yang baik, dengan sekitar 15g per 100g. 

Meskipun kandungan lemaknya sedikit lebih tinggi daripada kacang lainnya, lemak sehat dalam kacang kenari dapat membantu menahan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang. 

Selain itu, kandungan seratnya memperlancar pencernaan, sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Tambahkan kacang kenari ke dalam salad atau jadikan camilan renyah di antara waktu makan.

3. Kacang Mete

Kacang mete merupakan sumber protein yang fantastis, mengandung 18 g per 100 gram. Selain protein, kacang mete kaya akan serat, lemak sehat, dan magnesium, yang dapat membantu jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. 

Kacang mete memiliki tekstur yang lembut dan gurih yang membantu Anda bisa merasa kenyang lebih lama tanpa banyak kalori tambahan.

Selain itu, berkat antioksidannya, kacang mete dapat mendukung kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda dapat mencampurnya menjadi smoothie untuk mendapatkan rasa yang lezat dan mengenyangkan.

4. Kacang pistachio

Dengan sekitar 20 gram protein per 100 gram dan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kacang lainnya, pistachio paling cocok untuk camilan. 

Kacang ini rendah kalori dan tinggi serat, yang membantu Anda tetap kenyang sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, kandungan antioksidan yang tinggi membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk masalah jantung. 

Namun, dengan proses mengupas yang agak sulit sebelum makan kacang ini, ternyata juga membantu memperlambat proses makan, memberi waktu bagi otak Anda untuk merasakan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro