Seorang pria sedang melakukan selfie, untuk mengupload foto di Instagram/Bisnis.com-Crysania Suhartanto
Entertainment

Instagram Mau Hapus Arsip Story Permanen, Ini Cara Menanggulanginya

Redaksi
Kamis, 26 September 2024 - 19:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan informasi Instagram yang menghapus secara permanen arsip cerita para penggunanya.

Hal ini mulanya diketahui dari Platform X yang ramai memperlihatkan keresahan para pengguna instagram akibat tidak bisa mengakses foto/video cerita mereka. Lewat penelusuran, diketahui juga bahwa kejadian ini sudah berlangsung sejak akhir juli lalu. 

Dikutip dari TechIssuesToday.com, Kamis (26/9.2024), hal ini bisa terjadi lantaran munculnya bug/error sistem pada instagram. Dalam mengatasinya, instagram memperlihatkan pemberitahuan “This story has no longer available” yang dibarengi dengan latar hitam layaknya “black hole” yang menghapus semua kenangan pengguna.

Instagram juga menjelaskan bahwa bug ini telah diperbaiki, tetapi memiliki catatan tersendiri yakni, cerita pada arsip sebelumnya yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi. 

Meta sebagai perusahaan yang menaungi Instagram telah angkat bicara pada bulan Juli lalu. Dikutip dari TechIssuesToday.com, Meta telah menerima aduan bug yang terjadi dan memperbaikinya, namun tidak membuka data tentang berapa jumlah pengguna yang terdampak di seluruh dunia. Jadi untuk kalian yang ingin mencegah bug menyerang instagram kalian, lakukan cara pencegahan ini.

Cara Pencegahan Bug Archive Stories

1. Unduh semua cerita instagram kamu secara manual, lewat menu arsip -> pilih icon (…) dan unduh cerita anda.

2. Ubah pengaturan “aplikasi dan media” -> mengarsipkan dan mengunduh -> aktifkan “Simpan Foto Asli ke Rol Kamera”.

3. Masuk ke dalam pengaturan profil, buka “Pusat Akun” -> pilih “pengaturan Informasi dan Izin Anda” -> klik “Unduh Informasi Anda” -> dan pilih Profil Anda, setelah itu anda akan diminta memasukan alamat email anda yang akan dikirimkan semua data back up dari profil instagram Anda.

Itu dia tiga cara mencegah bug stories instagram menyerang akun anda, segera lakukan back up data apabila anda tidak mau kehilangan kenangan-kenangan berharga.

Instagram Story sendiri merupakan fitur yang membebaskan pengguna untuk memposting gambar, Video, ataupun Tulisan dalam batas waktu 24 jam. Apabila sudah lewat dari 24 jam, instagram akan menghapus secara otomatis materi yang anda posting dan memindahkannya ke menu arsip cerita. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro