Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

3 Makanan untuk Cegah Sakit Jantung dan Demensia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 26 September 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pola makan memainkan peranan besar dalam kesehatan dan kesehatan kita.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, sementara menambah asupan makanan lain dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Dilansir dari express, ada tiga jenis makanan tertentu yang harus kita makan lebih banyak untuk melindungi jantung dan otak kita.

Pakar kardiovaskular Dokter William Li menyarankan cara menjaga pembuluh darah tetap sehat sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan demensia, serta masalah medis serius lainnya.

“Salah satu hal yang dapat kami lakukan adalah menggunakan makanan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan dan menjaga kesehatan pembuluh darah kami, itu adalah hal yang sudah lazim.

Berikut makanan terbaik untuk mencegah sakit jantung

1. Sayuran berwarna-warni

Dr Li menyarankan bahwa “makan pelangi” pada sayuran dapat membantu melancarkan aliran darah melalui pembuluh darah.

Hal ini disebabkan fakta bahwa mereka mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai polifenol.

“Nah, dengan mengonsumsi makanan nabati, Anda pasti tahu polifenol yang terdapat dalam sayuran berwarna-warni - makanlah pelangi - coba tebak pelangi itu membantu menyembuhkan pembuluh darah dan menjaga lapisan itu tetap bagus dan halus sehingga darah dapat mengalir,” kata Dr Li. .

Rekomendasinya didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2022, yang menyimpulkan bahwa pola makan yang kaya akan banyak makanan kaya polifenol “cenderung meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko hipertensi”.

Penelitian terpisah, yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Neurobiology pada tahun 2016, mengatakan bahwa “meningkatkan konsumsi makanan kaya polifenol dapat mengurangi efek demensia”.

2. Ikan berminyak

Dr Li melanjutkan dengan mengatakan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Dia berkata: “Kita tahu bahwa omega-3 laut, yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dari ikan berminyak dan bahkan ikan yang tidak terlalu berminyak dan bahkan kerang, sebenarnya dapat membantu menjaga dan menjaga lapisan normal pembuluh darah yang licin dan mulus.

“Sangat penting untuk kesehatan otak kita, bukan hanya untuk kesehatan jantung saja kan.”

American Heart Association (AHA) merekomendasikan pola makan kaya omega-3 dari ikan, atau suplemen minyak ikan, sebagai cara untuk mengurangi kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke, pada orang yang sudah menderita penyakit kardiovaskular.

3. Cokelat hitam

Dr Li menambahkan bahwa flavanol yang ada dalam coklat hitam tertentu dapat melindungi jantung dan otak.

“Ada penelitian yang mengamati flavonol yang berasal dari makanan nabati seperti kakao,” katanya.

“Kakao merupakan tanaman sumber bahan yang digunakan untuk membuat coklat. Cokelat hitam memiliki lebih banyak flavonol dan cokelat flavanol ultra tinggi telah diteliti dan tidak hanya melindungi kesehatan jantung tetapi juga menurunkan risiko demensia dengan meningkatkan kesehatan otak pada tingkat sirkulasi juga.”

Penelitian yang ada telah menghubungkan peningkatan fungsi pembuluh darah, penurunan tekanan darah, dan penurunan risiko penyakit jantung pada orang dengan atau tanpa kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Dan sebuah penelitian pada tahun 2017 mengaitkan flavanol dalam coklat hitam dengan peningkatan kadar oksigen, fungsi saraf, dan aliran darah di otak.

Namun, penting untuk tidak makan coklat dalam jumlah besar karena kandungan gula dan kalorinya.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro