Cara mengatasi ketombe/US Dematology
Health

Ini 10 Cara Mengurangi Ketombe Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Redaksi
Selasa, 20 Agustus 2024 - 09:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe biasanya diatasi dengan sampo antiketombe, walaupun sebenarnya ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan. Soda kue adalah salah satunya.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com dan webmd.com (19/8/2024), ketombe di area kepala biasanya disebabkan beberapa hal, termasuk rutinitas perawatan rambut yang tidak baik dan genetik rambut. Namun kabar baik, ketombe tersebut dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami yang mungkin dapat ditemukan disekitar rumah.

Bahan untuk mengatasi ketombe:

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh umumnya digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat, kutu air, dermatitis, bahkan ketombe. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut dengan terpinen-4-ol, yaitu senyawa yang memiliki sifat antimikroba yang cukup kuat. Senyawa terpinen-4-ol dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Penting untuk diingat bahwa mengoleskan minyak ini secara langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak ini ke sampo yang Anda gunakan sehari-hari.

2. Minyak serai

Minyak serai umumnya digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, tekanan darah, dan juga mengelola tingkat stres seseorang. Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan yang dapat membantu seseorang mengurangi gejala ketombe.

Serupa dengan minyak pohon teh, penggunaan minyak serai juga tidak dapat dilakukan dengan mengoleskannya langsung ke kulit kepala. Tambahkan beberapa tetes minyak ke sampo yang biasanya Anda gunakan adalah cara terbaik untuk menggunakannya.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antijamur. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit, termasuk kulit kepala. Penelitian di India juga menemukan bahwa minyak kelapa mengurangi bakteri dan jamur di kulit kepala yang dapat menjadi penyebab munculnya ketombe.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan 3 hingga 5 sendok teh minyak kelapa ke kulit kepala, lalu tunggu 1 jam dan keramaslah rambut Anda.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelembab kulit kepala. Namun sayangnya, penggunaan minyak zaitun dapat memperparah ketombe ketika kulit kepala terlalu lembab sehingga menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Dengan itu, gunakanlah minyak zaitun secukupnya untuk sekadar menjaga kulit rambut agar tidak kering. Untuk menggunakannya, gosokkan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit kepala, tutupi rambut dengan penutup kepala sebelum Anda tidur. Pada pagi hari, keramaslah rambut hingga bersih.

5. Gel lidah buaya

Gel pada daun lidah buaya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Tak hanya itu, sifat antijamur dan antibakteri pada lidah buaya juga dapat mencegah munculnya ketombe.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menggosokkan sedikit gel lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas.

6. Omega-3

Omega-3 dapat mencegah munculnya ketombe melalui manfaat-manfaatnya pada kulit, mulai dari mengelola produksi minyak, mengatur peradangan, meningkatkan hidrasi, sampai mengurangi tanda-tanda penuaan.

Omega-3 dapat Anda temukan di berbagai makanan, seperti telur omega-3, ikan salmon, ikan makerel, kacang kenari, dan masih banyak lagi.

7. Cuka sari apel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel memiliki senyawa bernama asam asetat yang bersifat antimikroba dan antijamur dan dapat mencegah munculnya ketombe di kulit kepala.

Untuk menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan seperempat cangkir air, lalu tuangkan ke kulit kepala. Diamkan selama minimal 15 menit, lalu bilaslah kulit kepala Anda hingga bersih.

8. Soda kue

Soda kue adalah bahan pengelupas yang dapat berperan dalam menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit kepala. Selain itu, soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe.

Karena memiliki kadar kekuatan hidrogen (pH) yang sangat tinggi, hindari terlalu sering menggunakan soda kue ke kulit kepala karena dapat menyebabkan rusaknya kulit kepala. Untuk menggunakannya, basahi rambut, lalu oleskan soda kue secukupnya pada kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilaslah hingga bersih.

9. Seng (zinc)

Seng adalah mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan sel seseorang. Menurut National Institute of Health (NIH), kekurangan seng yang parah dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, termasuk ketombe.

Seng dapat Anda temukan di beberapa jenis makanan, yang diantaranya adalah protein hewani, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

10. Hindari/kurangi stres

Penting untuk diingat bahwa stres mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Meskipun tidak menyebabkan masalah kulit secara langsung, stres dapat memperburuk atau memicu gangguan kulit yang sudah ada, termasuk ketombe di kulit kepala.

Berolahraga, melakukan meditasi, bersosialisasi, menjaga pola makan, dan menjaga pola tidur adalah beberapa dari banyaknya cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tingkat stres Anda tetap stabil. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro