Asap memenuhi udara akibat kebakaran/ilustrasi/Reuters
Health

Simak 6 Barang Penyebab Kebakaran di Rumah

Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 - 16:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - kebakaran bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti barang yang ada di sekitar rumah. Kenali jenis barang-barang bisa menyebabkan kebakaran rumah. 

Salah satu barang-barang yang bisa menyebabkan kebakaran adalah peralatan masak dan elektronik yang  masih terhubung dengan aliran listrik.

Dilansir dari laman firechiefglobal.com, simak penyebab kebakaran:

1. Memasak dan peralatan memasak

Faktanya, 49% kebakaran di rumah disebabkan oleh kegiatan memasak. Kebiasaan seperti meninggalkan masakan tanpa pengawasan, memasak pada suhu yang terlalu tinggi, dan meninggalkan peralatan di dekat kompor adalah hal yang harus segera dihindari.

Pastikan peralatan memasak dibersihkan secara teratur dan digunakan sesuai petunjuk adalah hal lain yang dapat dilakukan untuk menghindari risiko kebakaran rumah.

2. Cermin dan kaca

Menempatkan cermin dan kaca pada tempat yang aman seringkali menjadi hal yang diremehkan. Padahal, jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung, cermin atau kaca dapat memantulkan dan memfokuskan cahaya ke permukaan yang mudah terbakar – gorden, selimut, atau kain sofa dan menyebabkan kebakaran hebat yang dapat menyebar luas. Untuk itu, jauhilah cermin atau kaca dari panas dalam bentuk apapun.

3. Alat barbeku (BBQ) dan lilin

Api yang menyala di dalam atau sekitar rumah dalam bentuk apapun tentu dapat berpotensi menjadi sebuah kebakaran. Serupa dengan memasak, api pada alat BBQ dan lilin dapat menyebar luas jika tidak digunakan dan diawasi dengan benar. Awasi penggunaan alat BBQ dan lilin dengan menjauhinya dari barang-barang mudah terbakar

4. Perangkat listrik dan perangkat listrik palsu

Perangkat listrik seperti baterai juga dapat menimbulkan risiko kebakaran jika tidak digunakan dengan benar. Perangkat listrik dapat mengalami tingkat panas berlebihan (overheat), terbakar, bahkan mengeluarkan gas beracun jika digunakan secara asal-asalan. 

Selain itu, perangkat listrik palsu apapun juga dapat menjadi penyebab. Hal ini karena perangkat tersebut dapat meningkatkan risiko penyalahgunaan barang akibat langkah-langkah keamanannya yang tidak tepat seperti barang asli. Oleh karena itu, gunakanlah perangkat listrik dengan kondisi prima dan tingkat keamanan terbaik.

5. Kabel listrik

Kebakaran listrik dapat disebabkan oleh kabel listrik yang mengalami kerusakan, bahkan kebakaran listrik cenderung sulit dipadamkan. Selain kabel yang rusak, konektor yang rusak dan soket yang kelebihan beban juga dapat menjadi penyebab.

Kebakaran ini sering kali tidak terduga dan sulit dipadamkan, karena kabel yang rusak bisa saja berada di dalam bangunan – tidak terlihat. Dengan itu, penting bagi Anda untuk selalu mendatangkan teknisi bersertifikat untuk melakukan perbaikan atau reparasi secara rutin.

6. Kaleng aerosol

Walaupun menjadi banyak solusi praktis dalam melakukan sesuatu, produk yang menggunakan kaleng aerosol dapat berpotensi besar menyebabkan kebakaran. Deodoran, pengharum ruangan, atau obat nyamuk dapat sangat berbahaya jika terkena panas atau tekanan.

Oleh karena itu, jauhilah kaleng aerosol dari panas apapun dan buanglah kaleng aerosol yang sudah digunakan dengan benar agar tidak memicu tekanan yang dapat menyebabkan ledakan hingga kebakaran hebat.

7. Mesin pengering pakaian

Mesin pengering dapat berubah menjadi bahaya ketika filter serat dan ventilasi terjadi penyumbatan. Panas yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dapat memercikkan serat pakaian dan menimbulkan kebakaran.

Sehingga penting untuk memastikan bahwa filter serat mesin pengering selalu dibersihkan secara teratur dan menyediakan ventilasi yang baik. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro