Awas, Paparan Polusi Tinggi Tingkatkan Risiko Demensia!. JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

Awas, Paparan Polusi Tinggi Tingkatkan Risiko Demensia!

Mutiara Nabila
Rabu, 10 Juli 2024 - 14:05
Bagikan

Cara Mengurangi Risiko Demensia

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena demensia, termasuk dengan tetap aktif, makan makanan sehat dan terus melatih pikiran.

1. Lakukan latihan fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko demensia. Aktivitas fisik yang rutin baik untuk jantung, sirkulasi, berat badan, dan kesehatan mental.

Ada dua jenis aktivitas fisik utama, yaitu aktivitas aerobik dan aktivitas untuk membangun kekuatan. Setiap jenis akan membuat tubuh tetap bugar dengan cara yang berbeda. Melakukan kombinasi aktivitas ini akan membantu mengurangi risiko demensia.

2. Kurangi Konsumsi Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol bisa meningkatkan risiko terkena demensia.

Jika rutin minum alkohol, usahakan melakukannya dalam jumlah sedang dan dalam batas yang disarankan. Minum terlalu banyak alkohol sekaligus membuat otak Anda terpapar bahan kimia berbahaya tingkat tinggi.

3. Berhenti Merokok

Jika Anda merokok, Anda menempatkan diri pada risiko lebih tinggi terkena demensia di kemudian hari.

Merokok banyak berdampak buruk pada peredaran darah ke seluruh tubuh, terutama pembuluh darah di otak, serta jantung dan paru-paru.

4. Jaga Kesehatan Mental dan Aktif Bersosialisasi

Depresi adalah suatu kondisi kesehatan mental yang banyak diderita namun tidak disadari. Orang yang pernah mengalami masa depresi dalam hidupnya juga memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia.

Isolasi sosial dapat meningkatkan risiko demensia pada seseorang. Oleh karena itu, terlibat dalam aktivitas sosial dapat membantu membangun kemampuan otak untuk menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Jaga Kondisi Kesehatan Jangka Panjang

Kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat meningkatkan risiko terkena demensia. Cara penting untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Pola makan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk obesitas, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro