Para dokter dan pekerja medis mengambil bagian dalam aksi protes terhadap rencana untuk menerima lebih banyak siswa di sekolah kedokteran, di depan Kantor Kepresidenan di Seoul, Korea Selatan, 21 Februari 2024. REUTERS/Kim Soo-Hyeon
Health

4 Fakta Ribuan Dokter di Korsel Mogok Kerja Sejak Februari 2024

Restu Wahyuning Asih
Senin, 8 Juli 2024 - 15:41
Bagikan

Mogok Kerja Berlanjut hingga Juli 2024

Hingga saat ini, setidaknya sudah hampir 12.000 dokter melakukan mogok kerja. Aksi mogok kerja tersebut terus belanjut hingga Juli 2024.

Mengutip AFP, ada sekitar 260-an dokter yang sudah mulai kembali bekerja. Namun masih ada ribuan yang menolak untuk menjalankan tugasnya.

Kelompok Advokasi Pasien Unjuk Rasa

Masih berlanjutnya aksi mogok kerja yang dilakukan oleh ribuan dokter membuat kelompok advokasi pasien melakukan unjuk rasa.

Setidaknya anggota dari 90 kelompok advokasi pasien meminta para dokter untuk kembali bekerja karena situasi kesehatan mulai genting.

"Dalam situasi apa pun, layanan medis untuk pasien tidak boleh dihentikan, dan tidak boleh ada indikasi bahwa layanan tersebut dapat dihentikan sehingga menimbulkan kecemasan,” kata kelompok tersebut dalam pernyataan bersama, seperti yang dikutip dari Yonhap.

Sejalan dengan itu, para anggota asosiasi juga mengatakan bahwa mogok kerja tersebut telah menyebabkan gangguan besar di sejumlah RS hingga membuat pembatalan dan penundaan operasi terhadap pasien.

“Pasien dan keluarga mereka, serta masyarakat, mengalami kemarahan, kecemasan dan kelelahan di tengah konflik antara pemerintah yang tidak bertanggung jawab dan dokter peserta pelatihan serta profesor kedokteran yang ceroboh,” kata seorang anggota kelompok.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro