Snorkeling/reuters
Travel

Ini Dia Deretan Lokasi Terbaik untuk Menyelam dan Snorkeling di Indonesia Timur

Redaksi
Kamis, 4 Juli 2024 - 10:15
Bagikan

7. Pulau Nusa Laut

Pulau Nusa Laut terkenal dengan populasi dugongnya, yang juga menjadi sumber legenda putri duyung setempat. Berada di sisi timur Ambon, pulau ini menampilkan pemandangan karang keras yang sempurna bagi para penyelam dan perenang snorkel.

8. Pulau Molana

Melalui pantai pasir putihnya yang indah dan bergradasi, Pulau Molana dapat menjadi destinasi snorkeling yang menenangkan. Tak hanya itu, menyelam di lepas pantai pulau ini pun dapat memberikan pengalaman yang mengesankan, dengan jarak pandang yang sangat baik hingga mendekati 30 meter (100 kaki).

Selain terumbu karang, pengunjung juga dapat menemui hiu martil yang dilaporkan sering terlihat di pulau ini.

9. Snorkeling dan Menyelam di Raja Ampat

Raja Ampat merupakan titik pertemuan antara Samudra Hindia dan Pasifik. Hal ini menyebabkan perbedaan ketinggian rata-rata antara permukaan air sebesar enam inci (15 cm) yang pada akhirnya menyebabkan jutaan telur dan larva berpindah karena terbawa arus.

Lokasinya pun berada di tengah jalur migrasi besar cetacea, yang membuat berbagai spesies paus dan lumba-lumba sering kali terlihat.

Karena terletak di jantung segitiga terumbu karang (coral triangle), Raja Ampat juga memiliki banyak jenis habitat bawah laut seperti terumbu karang yang masih asli, teluk rahasia, hutan bakau, danau laut, dan taman karang yang dilindungi.

10. Tanjung Kri

Tanjung Kri merupakan tempat yang menakjubkan untuk dijelajahi, baik untuk menyelam maupun snorkeling. Tempat ini memegang rekor dunia untuk jumlah spesies terbanyak yang dihitung dalam satu kali penyelaman selama 90 menit (total 374 spesies). Tanjung Kri terkenal sebagai tempat ikan pari manta dibersihkan kulit, insang, dan giginya oleh kopepoda parasit dan spesies ikan wrasse kecil.

11. Pulau Dayang

Bagi para perenang snorkel, terumbu karang yang berbatasan di Wai dapat menjadi alasan untuk pergi ke Pulau Dayang. Namun jika menyelam lebih dalam lagi, penyelam dapat menemukan bangkai pesawat tempur P47D bekas perang dunia kedua yang kini sudah tenggelam di sana. Penyelam juga dapat menikmati keindahan terumbu karang sambil melihat pari manta karang dan pari manta oseanik.

12. Otdima

Otdima dapat menjadi destinasi menyelam yang menyenangkan sekaligus menantang. Dengan kedalaman empat hingga 25 meter, Otdima menyuguhkan jarak pandang yang jelas ke seluruh kawasannya. Otdima juga dapat menjadi tempat yang menantang karena memiliki arus dan pergerakan pasang surut yang tidak dapat diprediksi. Hal tersebut menciptakan pusaran ikan yang berkelompok, serta kemunculan dari pari elang, manta, dan lumba-lumba.

13. Pulau Wofoh

Dengan hutan karang hitam dan pantai berpasir putihnya, Pulau Wofoh menyuguhkan kesempatan luar biasa untuk snorkeling. Selain itu, pulau ini juga merupakan lokasi menyelam yang tenang dan mudah, dengan arus yang minim dan lereng yang berpasir. Pada ujung selatan pulau, ribuan spesies ikan dapat ditemukan di perairan dangkalnya. (Rafi Abid Wibisono)

 

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro