Ilustrasi hidung/clevelandclinic
Health

6 Kebiasaan yang Bisa Memicu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan atau THT

Redaksi
Senin, 28 Oktober 2024 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) sangat penting untuk pendegaran, penapasan, dan penghubung mulut-tenggorokan. Mengobati kerusakan pada ketiga komponen tubuh ini perlu dengan tindakan khusus. Oleh karena itu, hindari kegiatan yang dapat merusak fungsi THT.

Beberapa kegiatan yang umum dilakukan orang-orang tampak tidak terlalu berbahaya seperti korek kuping, pura-pura batuk, mencabut bulu hidung dan lain-lain. Namun kenyataannya, segala kegiatan kecil yang dilakukan tersebut akan terakumulasi dan dapat merusak THT secara permanen.

Berikut ini telah dirangkum 6 kebiasaan yang merugikan kesehatan THT

1. Memasukan Benda Asing ke dalam Telinga

Jauhi kebiasaan memasukkan benda asing ke dalam telinga, seperti pensil atau tusuk gigi. Benda lembut seperti cotton bud saja tidak terlalu baik untuk telinga ini dapat merusak saluran pendengaran.

Kegiatan seperti justru dapat mendorong kotoran masuk semakin dalam dan menyebabkan masalah hingga infeksi. Benda asing selanjutnya adalah air, hindari masuknya air ke dalam telinga, terutama saat berenang, gunakan penutup telinga jika perlu.

2. Menggunakan Headset dengan Volume Keras

Batasi penggunaan earphone dengan durasi 60 menit dan volume 60%. hal ini guna menghindari kerusakan pada gendang telinga, jadi pastikan mendengarkan dalam volume sedang. Gunakan earplug atau headphone noise-canceling untuk melindungi telinga dari kebisingan berlebihan, terutama jika Anda sering berada di lingkungan berisik.

Paparan kebisingan yang terlalu sering dapat melemahkan sel-sel diarea pendegeran. Pastikan telinga Anda mendapatkan istirahat yang cukup ini membantu mencegah kelelahan pendengaran serta rusaknya sistem pendengaran jangka panjang.

3. Menghisap Rokok

Ilustrasi pada bungkus rokok sudah cukup menjelaskan apa yang akan terjadi paa tenggorokan jika anda mengkomsumsi rokok. Namun, memang kenyataannya rokok mengandung banyak zat karsigonik yang dapat menyebabkan kanker dan tentunya merusak leher dan banyak organ. Rokok juga dapat menyebabkan radang tenggorokan, suara serak Telinga berdenging (tinnitus), Kehilangan kemampuan mencium bau atau mengecap, dan Infeksi telinga.

4. Mengorek Hidung

Banyak orang punya kebiasaan mengorek hidung. Kebiasaan tersebut mungkin tidak menyebabkan masalah serius bagi kamu, namun hal itu bisa berbahaya bagi orang yang punya penyakit atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kuku jari yang kotor dapat menyebabkan terjadinya infeksi, dan bahkan mimisan sebagai akibat dari rusaknya pembuluh darah.

5. Jarang Minum

Manusia setidaknnya membutuhkan 2 liter air sehari, agar tidak dehidrasi. Hal ini juga berdampak pada tenggorokan, sebab apabila seseorang dehidreasi makan, tenggotokannya mudah kering. Ketika tenggorokan kering tubuh akan merespon dengan mengeluarkan batuk yang dapat mengiritasi tenggorkan.

6. Menggosok Hidung

Menggosok hidung agar tidak bersin umum diakukan banyak orang. Namun, tahukah anda hidung yang sering digosok dan mengeluarkan lendir apabila dilakukan terus menerus dapat merusak indra penciuman. Aktivitas ini dapat menyebabkan cidera dan infeksi saluran hidung. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro