Sakit perut/iStock
Health

Serupa Tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Flu dan Sinusitis

Redaksi
Jumat, 25 Oktober 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Flu merupakan infeksi yang terjadi pada sistem pernapasan bagian atas (hidung, rongga mulut, tenggorokan). Pada umumnya, orang dewasa dapat mengelami dua sampai empat kali flu per tahun.

Gejala yang biasa terjadi pada flu seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan, mata berair dan dapat disertai dengan demam. Flu atau pilek dapat berkembang menjadi peradangan sinus atau sinusitis.

Namun, gejala-gejala tersebut juga bisa menandakan infeksi sinus atau sinusitis. Pada umumnya, pilek dan infeksi sinus memiliki gejala yang cukup mirip sehingga sering kali menimbulkan pertanyaan. Padahal, penting bagi kita untuk memahami apakah yang dialami adalah pilek biasa atau infeksi sinus, karena keduanya mungkin memerlukan pengobatan yang berbeda.

Mengutip dari laman Kementrian Kesehatan, sinus adalah kantongan yang berada di dalam tulang kepala yang normalnya berisi udara. Sinusitis terjadi ketika dinding sinus meradang sehingga mengakibatkan drainase sinus terganggu. Lendir yang terperangkap menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi sinus.

Pada umumnya, kita seringkali sulit untuk membedakan flu biasa dan sinusitis hanya melalui gejala saja. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pembeda antara keduanya, mengutip dari beberapa sumber, berikut beberapa gejala dari flu dan sinusitis.

Gejala umum pilek:

1. Bersin
2. Hidung tersumbat
3. Hidung meler
4. Sakit tenggorokan
5. Batuk

Gejala infeksi sinus meliputi:

1. Hidung meler
2. Hidung tersumbat Wajah nyeri/sensasi tekanan
3. Sakit kepala Lendir menetes ke tenggorokan atau postnasal drip
4. Sakit tenggorokan. Batuk
5. Bau mulut. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro