Ilustrasi air putih/ayosehatkemenkes
Health

7 Cara Alami Mengobati Flu Membandel

Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Flu, atau influenza, merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan. Gejalanya termasuk demam, nyeri otot, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa caya yang tergolong mudah, seperti istirahat dan minum cairan yang cukup. Obat-obatan seperti parasetamol juga membantu meredakan demam dan nyeri tubuh.

Dikutip dari Health.com beberapa cara tradisional juga ampuh untuk mengobati penyakit ini. Oleh karena itu berikut ini telah dirangkum 7 cara mengatasi flu dengan alami.

1. Prioritaskan Tidur

Tidur sesungguhnya merupakan kebutuhan mendasar bagi tubuh. Flu biasanya akan menyerang orang dengan kondisi tubuh yang lemas.Tidur yang cukup menjadi salah satu cara untuk mengobati Flu yang sedang anda alami.

Hal ini dikarenakan ketika tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepas sel-sel yan gdisebut dengan sitokin yang melawan virus. Namun tidur yang baik adalah tidur dengan kepala yang ditopang oleh bantal, hal ini agar hidung tidak tersumbat saat sedang flu.

2. Minum banyak cairan

Tubuh tetap terhidrasi adalah kondisi penting untuk menjaga kesehatan. Saat tubuh kekurangan air minum, fungsi dan kerja organ tubuh akan terganggu. Akibatnya, Anda mungkin akan lebih rentan untuk mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Selain itu minum cairan bening seperti air, kaldu, atau air lemon hangat membantu mengencerkan lendir di sinus Anda. Menyesap air atau teh herbal panas dapat menenangkan batuk yang mengganggu, dan mengisap es batu atau es loli dapat meredakan sakit tenggorokan.

3. Gunakan Pelembab Udara

Pelembab udara adalah perangkat yang menambah kelembapan ke udara, yang berguna di musim dingin ketika udara lebih kering. Udara kering yang dihirup dapat mengiritasi saluran udara Anda dan memperburuk gejala pilek seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.

4. Berkumur dengan Air Asin

Berkumur dengan air garam hangat adalah cara sederhana untuk meredakan sakit tenggorokan sementara. Berkumur air garam membantu memecah lendir di bagian belakang tenggorokan Anda dan mengurangi peradangan dan pembengkakan, yang dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan.

Air garam juga memiliki sifat membersihkan kuman, jadi apabila anda berkumbur menggunakan air garam, maka anda juga membersihkan mulut anda dari segala virus dan bekateri.

Untuk membuat kumur air garam, tambahkan 1/2 sendok teh garam laut atau garam meja ke dalam 8 ons air hangat dan aduk untuk memastikan garam larut sepenuhnya. Berkumur hingga 30 detik dan keluarkan larutannya. Anda dapat mengulangi berkumur air asin beberapa kali sehari.

5. Kompres Hangat untuk Pereda Sinus

Kompres hangat di atas wajah Anda dapat dengan cepat meredakan tekanan dan nyeri sinus terkait hidung tersumbat. Untuk membuat kompres hangat, rendam kain atau handuk dalam air hangat, peras kelebihan air, dan letakkan waslap di hidung, dahi, dan pipi selama beberapa menit. Kehangatan kompres meningkatkan aliran darah ke area tersebut, mengurangi tekanan sinus dan ketidaknyamanan.

6. Makan Makanan Penambah Kekebalan Tubuh

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan yang besar ketika gejala pilek. Baik adanya mengisi tubuh Anda dengan nutrisi yang dibutuhkann untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda saat melawan pilek. Makanan yang mengandung nutrisi kaya antioksidan dan sifat anti-inflamasi dapat mempersingkat durasi flu biasa dan mengurangi keparahan gejala Anda. Makanan ini meliputi

Buah kiwi, Buah jeruk (misalnya, jeruk, jeruk bali), Buah beri (misalnya, stroberi, blueberry), Sayuran hijau (misalnya, bayam, brokoli, kangkung, paprika hijau), Biji-bijian dan kacang-kacangan (misalnya, biji rami, kenari), Makanan berserat tinggi (misalnya, kacang hitam, kacang polong, buncis).

7. Madu

Sesendok madu merupakan salah satu pengobatan alami yang paling efektif untuk mengelola gejala pilek. Madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membantu mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan, dan meredakan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa madu bisa lebih efektif daripada sirup obat batuk OTC dalam mengurangi batuk.

Jika batuk membuat Anda terjaga di malam hari, cobalah menambahkan satu sendok teh madu ke secangkir teh herbal atau air hangat untuk meredakan kelegaan.

Itulah 7 cara meredakan flu dengann alami, apabila flu yang terjadi lebih dari 10 hari, lakukanlah pemeriksaan kepada dokter terkait. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro