Pengunjung mencari informasi tentang produk kecantikan di Margo City, Depok, Jawa Barat. Bisnis/Nurul Hidayat
Health

Simak 9 Manfaat Retinol Bagi Kulit Untuk Kurangi Jerawat dan Cegah Penuaan Dini

Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 - 16:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Retinol merupakan salah satu bentuk dari vitamin A, biasanya Retinol akan ditambahkan ke krim kulit, lotion, dan serum.

Produk dari hasil perpaduan Ini memiliki efek antipenuaan dan dapat membantu membersihkan jerawat. Dikutip dari Clevelandclinic.org, (18/10/24), retinol meningkatkan produksi sel kulit (proliferasi) dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

Retinol juga mengelupas kulit Anda dan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah adaptasi kulit Anda dengan Retinol yang akan memperburuk wajah pada awal pemakaian.

Produk yang mengandung retinol tersedia secara luas tanpa resep, dan konsentrasi retinoid yang lebih kuat tersedia dengan resep.Retinol juga dikemas dalam berbagai macam bentuk seperti Krim, Gel, Lotion, Salep, Serum.

Simak beberapa manfaat dari penggunaan Retinol pada tubuh:

1. Mengurangi Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum terjadi. Hal ini lantaran pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan/atau minyak, sehingga terjadi pengembangan komedo. Retinol bekerja dengan cara dengan mencegah pori-pori tersumbat. 

Beberapa bulan pertama pemakaian Retinol, mungki kulit terlihat lebih buruk sebab memasuki fase pembersihan Retinol. Setelah fase tersebut barulah kulit anda akan terlihat lebih baik dan cerah.

2. Mengobati bekas jerawat

Bekas jerawat hasil dari pemecahan jerawat yang berujung dengan peradangan kulit memunculkan bintik-bintik merah muda, merah atau gelap pada kulit Anda saat jerawat sembuh. Bekas ini bahkan bisa bertahan selama berminggu-minggu/bertahun-tahun.  Pemakaian Retinol ini tidak selalu bekerja untuk bekas jerawat dengan tipe cekung atau terangkat.

3. Menghilangkan bintik hitam

Bintik-bintik hitam (hiperpigmentasi) dapat berkembang sebagai akibat dari kerusakan akibat sinar matahari pada kulit. Jika bintik-bintik coklat muda hingga gelap yang dimiliki di wajah, tangan, leher atau lengan itu adalah penumpukan melanin, yang memberikan warna kulit (pigmen). 

Beberapa orang menemukan bahwa retinol topikal mencerahkan bintik-bintik kulit, meskipun butuh waktu berbulan-bulan dan dapat mengiritasi kulit Anda. Sebaiknya lakuka konsultasi dengan dokter kulit terkait. 

4. Mengurangi pori-pori besar

Pori-pori adalah lubang di permukaan kulit yang memungkinkan rambut tubuh dan minyak melewatinya. Ketika pori-pori ini tersumbat oleh sel-sel kulit mati atau minyak, pori-pori akan menjadi lebih besar dan lebih terlihat.

Retinol topikal mengobati pori-pori besar dengan meningkatkan pergantian sel kulit - yang membuat kulit Anda lebih tebal - dan mencegah perkembangan pori-pori yang tersumbat.

5. Memperlambat Sarkoma Kaposi

Kanker langka yang dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah menimbulkan tanda seperti bercak berwarna gelap. Penggunaan Alitretinoid dapat memperlambat pertumbuhan sel sarkoma Kaposi.

Meskipun tidak menyembuhkan kanker, ini merupakan salah satu cara alternatif untuk memperlambat perkembangannya. Cara yang direkomendasikan adalah mengoleskan gel alitretinoin ke lesi sarkoma Kaposi untuk memperlambat perkembangannya.

6. Menghilangkan strech mark

Bekas luka yang berkembang saat kehamilan lewat penambahan dan penurunan berat badan pasca kelahiran juga dapat dihilangkan denga Retinol.

Tanda-tanda ini berwarna merah muda, merah atau ungu pada awalnya, dan kemudian secara bertahap memudar hingga tampak perak atau putih. Retinol topikal dapat membantu membuat stretch mark kurang terlihat, tetapi bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakannya selama kehamilan atau saat menyusui.


7. Mengurangi kerutan

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah lebih lambat dimana lapisan tengah (dermis) kulit mulai menipis. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih sulit untuk mempertahankan kelembapan, dan memiliki lebih sedikit elastin serta kolagen. 

Tretinoin dan tazarotene topikal dapat memperbaiki penampilan garis-garis halus dan kerutan dengan memperlambat pemecahan kolagen dan membuat kulit lebih elastis. Biasanya dibutuhkan beberapa bulan penggunaan retinol topikal untuk melihat perbedaan.


8. Mengobati melasma

Melasma adalah gangguan kulit umum lainnya yang menyebabkan bintik-bintik hitam atau bercak pada area yang terpapar sinar matahari. Paparan cahaya, panas, dan kadar hormon tertentu meningkatkan jumlah melanin yang dihasilkan tubuh. Ini menyebabkan munculnya bercak datar atau seperti bintik-bintik yang berwarna coklat muda, coklat tua atau biru-abu-abu. 

Melasma paling sering terjadi selama kehamilan. Jika Anda hamil, Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan obat oral atau topikal atau suplemen. Jika Anda tidak hamil, retinoid topikal (tretinoin) dapat membantu memudarkan bintik-bintik melasma.


9. Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah kelainan kulit yang diderita orang dengan peradangan yang menyebabkan sel-sel kulit baru tumbuh terlalu cepat. Sel-sel baru menumpuk, menciptakan ruam tebal bersisik berwarna merah muda atau merah.

Penggunaan Retinol topikal memperlambat pertumbuhan sel kulit yang berlebihan dan mengurangi peradangan, membantu mengatasi ruam. Namun, karena retinol juga dapat lebih mengiritasi kulit, penyedia layanan kesehatan biasanya akan merekomendasikan penggunaan retinol dalam kombinasi dengan steroid topikal.

Itu dia 9 manfaat dari penggunaan retinol, namun tetap ingat bahwa retinol juga memiliki efek samping yang lumayan mengganggu. Hindari sengatan matahari secara langsung agar tidak terkena sensasi terbakar. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro