Stroke menyerang  anak muda
Health

Simak 7 Makanan yang Bisa Picu Sakit Kepala Migrain

Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain karena stres, sakit migrain juga dapat dipicu oleh makanan. Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang umum terjadi di kalangan masyarakat.

Sakit kepala ini ditunjukkan dengan adanya rasa sakit seperti berdenyut di salah satu sisi kepala secara terus menerus. Biasanya, migrain dipicu oleh faktor stres dan kelelahan. 

Namun, tidak hanya faktor stres dan kelelahan, migrain dapat dipicu dari makanan dan minuman. Beberapa makanan dan minuman memiliki kandungan zat-zat tertentu yang dapat memicu timbulnya sakit kepala seperti migrain. 

Penelitian mengatakan pemicu ini berbeda-beda pada setiap orang, tetapi tetap patut untuk diwaspadai.

Simak makanan dan minuman yang dapat memicu sakit migrain:

1. Kacang-kacangan

The Association of Migraine Disorders mengidentifikasi kacang-kacangan, termasuk selai kacang adalah pemicu sakit migrain yang paling umum. Hal ini dikarenakan kacang mengandung fenilalanina atau asam amino yang dapat mempengaruhi tonus pembuluh darah yang kemungkinan berperan dalam sakit migrain.

2. Alkohol

Penelitian tahun 2018 menemukan bahwa minuman beralkohol dilaporkan sebagai pemicu oleh 35,6% penderita migrain. 77,8% melaporkan anggur, terutama anggur merah menjadi salah satu penyebab migrain yang paling umum di antara minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa senyawa tertentu dalam anggur merah yang menyebabkan sakit kepala, seperti tanin dan flavonoid.

3. Kafein

Studi yang dilakukan tahun 2020 menemukan mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan migrain, tetapi berhenti mengonsumsi kafein secara tiba-tiba juga dapat memicu migrain. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar orang-orang dapat membatasi minuman berkafein perlahan setiap harinya. 

4. Olahan Keju Tua

Jenis keju tua seperti gorgonzola, camembert, dan cheddar mengandung senyawa yang disebut tyramine. Tyramine dapat berinteraksi dengan neurotransmitter dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan migrain.

5. Daging yang diawetkan atau Daging Olahan

Daging-daging olahan seperti hot dog, sosis, dan sandwich dapat memicu migrain. Hal ini dikarenakan daging-daging tersebut kemungkinan besar mengandung bahan pengawet yang disebut natrium nitrat, salah satu zat pemicu migrain.

6. Makanan yang Mengandung MSG

Monosodium Glutamat atau yang sering disebut MSG merupakan garam natrium dari asam amino umum asam glutamat. Peneliti di tahun 2016 menemukan MSG berpotensi memicu migrain dan menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung MSG jika menderita migrain kronis.

7. Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan yang biasanya ditemukan dalam makanan dan minuman kemasan. Peneliti menyebutkan mengonsumsi terlalu banyak aspartam dapat memicu sakit kepala migrain pada sebagian orang.

Bila Anda terkena migrain, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani rasa sakit yang berlebihan di kepala akibat migrain menurut Cleveland Clinic :

- Beristirahat di ruang gelap, tenang, dan sejuk.

- Memijat kulit kepala.

- Menekan pelipis dengan gerakan memutar.

- Menjaga diri dengan tetap tenang dengan bermeditasi.

- Minum obat sakit kepala atau migrain.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro