Biji kopi dalam gelas / Bloomberg-Jeremy Piper
Health

Mitos atau Fakta, Kopi Instan Tidak Lebih Sehat dari Kopi Seduh Biasa?

Mutiara Nabila
Jumat, 18 Oktober 2024 - 09:42
Bagikan

Kopi Instan vs Kopi Biasa

Meskipun kopi instan dan kopi biasa memiliki banyak kesamaan, keduanya juga memiliki perbedaan yang jelas. Perbedaan yang paling jelas adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyeduhnya. 

Untuk membuat kopi instan, Anda cukup menambahkan air panas ke dalam bubuk kopi, sedangkan kopi biasa memerlukan waktu seduh yang lebih lama. Namun, waktu seduhnya dapat memengaruhi aspek lain, seperti rasa dan kandungan kafeinnya.

Proses seduh kopi biasa mempertahankan minyak alami dan senyawa aromatiknya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan kompleks daripada kebanyakan kopi instan. 

Sementara itu, kopi instan, meskipun praktis, cenderung memiliki profil rasa yang lebih ringan karena proses pengeringan yang terlibat.

Terkait dengan manfaat kesehatan potensialnya, kedua jenis kopi ini menyediakan antioksidan yang dapat mendukung kognisi dan manfaat kesehatan lainnya. Namun, kemudahan membuat dan keterjangkauan harga kopi instan mungkin menarik bagi mereka yang memiliki gaya hidup sibuk.

Adapun, di samping manfaatnya, kopi instan cenderung memiliki kadar akrilamida tertinggi, zat kimia yang terbentuk selama proses pemanggangan. 

Akrilamida dianggap sebagai karsinogen yang mungkin bagi manusia, sehingga penting untuk tidak berlebihan dalam konsumsi kopi instan.

Selain itu, apabila kopi instan yang dikonsumsi mengandung gula tambahan, maka dapat memengaruhi tingkat gula darah dan dapat menghambat upaya penurunan berat badan. 

Kemudian, seperti kopi biasa, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan dari kafein, seperti kecemasan, insomnia, dan masalah pencernaan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro