Cara check in online tiket pesawat di delapan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia./Freepik
Travel

6 Cara Dapatkan Tiket Pesawat Jakarta-Bali dengan Ruang Kaki Terluas

Media Digital
Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan udara dari Jakarta ke Bali memang membutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu selama 1,5 jam. Tetapi bagi sebagian orang, kenyamanan selama penerbangan tetap menjadi prioritas mereka. Lebih lagi, penerbangan ini biasanya padat karena ketersediaan tiket pesawat Jakarta-Bali yang berlimpah.

Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, cara yang biasa digunakan adalah mendapatkan ruang kaki yang luas. Ini menjadi hal sering diperhatikan oleh sebagian penumpang. Utamanya, oleh penumpang yang memiliki kaki panjang atau ingin merasa lebih rileks selama perjalanan. Karena itu, memilih kursi dengan ruang kaki yang lebih luas bisa membuat perbedaan besar dalam kenyamanan.

Tapi, banyak yang masih belum mengetahui tentang bagaimana mendapatkan kursi dengan ruang kaki terluas. Untuk itu, berikut adalah pembahasan tentang bagaimana Anda dapat menemukan tiket pesawat Jakarta-Bali dengan kursi yang menawarkan ruang kaki lebih luas.

1. Cari Tahu tentang Jenis Pesawat dan Konfigurasi Kursi

Setiap maskapai penerbangan memiliki jenis pesawat yang berbeda. Ini dapat berdampak pada konfigurasi kursi serta ruang kaki yang ditawarkan. Karena itu, ada baiknya untuk mengecek jenis pesawat yang akan digunakan sebelum memesan tiket.

Tipe pesawat yang sering digunakan untuk penerbangan dari Jakarta menuju Bali adalah Boeing 737 atau Airbus A329. Pada Boeing 737, kursi di bagian exit row dan beberapa kursi di kelas ekonomi premium memiliki ruang kaki yang lebih luas dibandingkan kursi ekonomi biasa. Ini cukup berbeda dengan Airbus A320. Sebab, kursi dengan ruang kaki lebih luas biasanya berada di barisan depan dan dekat pintu keluar.

2. Pilih Kursi di Barisan Exit Row

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan kursi dengan ruang kaki yang lebih luas adalah dengan memilih kursi di barisan exit row. Kursi-kursi ini biasanya memiliki lebih banyak ruang. Ini karena di barisan exit row harus memberikan akses yang cukup ke pintu keluar darurat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kursi di barisan exit row. Penumpang di kursi exit row biasanya diminta untuk membantu dalam situasi darurat. Jadi, maskapai memiliki aturan ketat tentang siapa yang bisa duduk di kursi ini. Biasanya, maskapai melarang anak-anak dan atau orang yang memiliki keterbatasan fisik untuk duduk di barisan ini.

Selain itu, beberapa maskapai juga mengenakan biaya tambahan untuk pemilihan kursi exit row. Karena itu, pastikan Anda siap untuk membayar biaya ekstra ini jika ingin mendapatkan kursi dengan ruang kaki yang lebih luas.

3. Tingkatkan ke Kelas Ekonomi Premium

Jika Anda ingin lebih banyak ruang kaki tanpa harus duduk di barisan exit row, pertimbangkan untuk meningkatkan tiket Anda ke kelas ekonomi premium. Sebab, beberapa maskapai menawarkan kelas ekonomi premium dengan kursi yang lebih luas dan ruang kaki ekstra.

Garuda Indonesia misalkan, menawarkan kelas ekonomi premium di beberapa penerbangan domestiknya. Kursi di kelas ini biasanya lebih lebar dan memiliki jarak lebih besar antar kursi, sehingga memberi lebih banyak ruang untuk kaki Anda.

4. Gunakan Program Frequent Flyer

Banyak maskapai penerbangan memiliki program frequent flyer yang memberikan manfaat tambahan bagi anggota setia mereka. Jika Anda adalah orang yang sering terbang dengan maskapai tertentu, bergabung dengan program ini dapat memberi Anda akses ke kursi dengan ruang kaki yang lebih luas tanpa biaya tambahan.

5. Periksa Promo atau Penawaran Khusus dari Maskapai

Maskapai penerbangan sering kali menawarkan promo atau penawaran khusus untuk kursi dengan fasilitas tambahan, termasuk ruang kaki yang lebih luas. Promo-promo ini sering kali muncul selama periode tertentu. Contohnya seperti hari libur atau musim diskon tiket pesawat. Karena itu, jangan ragu untuk memantau situs web maskapai atau aplikasi perjalanan untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promo yang mungkin menguntungkan Anda.

6. Pertimbangkan Penerbangan di Waktu yang Tidak Padat

Penerbangan yang dilakukan pada jam-jam sibuk tentunya akan menjadikan pesawat menjadi lebih penuh. Ini berarti pilihan kursi dengan ruang kaki lebih luas bisa cepat habis.

Maka jika jadwal Anda fleksibel, pilihlah penerbangan di luar jam-jam sibuk. Misalkan, penerbangan pertama di pagi hari atau penerbangan terakhir malam hari. Dengan begitu, Anda mungkin memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kursi yang lebih nyaman tanpa harus bersaing dengan banyak penumpang lain. Selain itu, penerbangan di luar jam sibuk biasanya lebih murah, sehingga Anda bisa mengalokasikan anggaran lebih untuk meningkatkan kenyamanan kursi.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kursi dengan ruang kaki lebih lebar. Bagi Anda yang mencari kenyamanan ekstra selama perjalanan memilih kursi dengan ruang kaki yang lebih luas tentu adalah solusi terbaik.

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami