Foto: CEO FUJIFILM Group Teichii Goto (kedua dari kanan), bersama dengan karyawan Fujifilm Indonesia, berkomitmen untuk berkontribusi pada peningkatan kondisi kesehatan di Indonesia melalui inisiatif dan layanan bisnis
Health

Inisiatif Inovasi Kesehatan Fujifilm di Indonesia

Media Digital
Selasa, 15 Oktober 2024 - 17:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fujifilm, perusahaan yang awalnya dikenal dengan inovasi dalam bidang fotografi, kini telah bertransformasi menjadi perusahaan multisektor dengan fokus kuat pada bidang kesehatan.

Dengan Group Purpose "Giving our world more smiles", Fujifilm berkomitmen untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat global melalui teknologi dan inovasi mereka. Transformasi ini mencerminkan evolusi perusahaan dari sekadar penyedia solusi fotografi menjadi entitas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di berbagai aspek.

Di Indonesia, Fujifilm juga aktif berkontribusi dalam upaya penanggulangan TB. Fujifilm Indonesia menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam mendukung program Eliminasi TB.

Fokus utama dari kerja sama ini adalah mendukung kegiatan skrining TB yang merupakan salah satu prioritas pemerintah dalam upaya Eliminasi TBC di Indonesia pada tahun 2030 - StopTB 2030.

Tantangan TB di Indonesia sangat signifikan. Diperkirakan satu juta orang Indonesia terinfeksi tuberkulosis setiap tahun, tetapi hanya 820.000 kasus yang berhasil dideteksi akibat keterbatasan kemampuan deteksi.

Melakukan skrining secara masif dan meningkatkan angka pelaporan untuk mengidentifikasi lebih banyak kasus dengan cepat merupakan langkah penting untuk menekan laju penyebaran TB di Indonesia. Target pemerintah tahun ini adalah meningkatkan temuan kasus dini hingga 900.000 kasus.

Inisiatif Inovasi Kesehatan Fujifilm di Indonesia

Selain itu, Fujifilm Indonesia juga bekerja sama dengan Zero TB Yogyakarta di bawah naungan Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Fujifilm mendukung program "jemput bola" dalam mendeteksi kasus TB di masyarakat yang dijalankan Zero TB untuk menemukan kasus secara aktif, mengobati secara efektif dan mencegah TBC pada kontak serumah dengan penderita.

Kolaborasi ini memungkinkan UGM untuk melakukan skrining TB secara aktif di komunitas, terutama di daerah-daerah yang memiliki akses terbatas terhadap fasilitas kesehatan.

Bersamaan dengan peralatan diagnostik pencitraan dan solusi TI, Fujifilm Indonesia menyediakan TB Lam, yang merupakan kemajuan penting dalam diagnostik tuberkulosis. TB LAM adalah kit tes cepat  dengan sensitivitas tinggi yang digunakan untuk mengonfirmasi hasil tes negatif/positif infeksi tuberkulosis pada penderita HIV.

Kit ini mendeteksi antigen LAM khusus yang terdapat dalam urin untuk melakukan penilaian. Karena urin digunakan sebagai sampel, kit ini efektif untuk pasien/anak-anak yang sulit mengumpulkan dahak dan juga dapat digunakan untuk mendiagnosis tuberkulosis di luar paru-paru yang tidak menunjukkan gejala.

Keunggulan kit ini terutama terletak pada tiga hal. Pertama, sensitivitas tinggi berkat teknologi amplifikasi perak. Kedua, hasil yang cepat (diagnosis dapat dilakukan dalam 60 menit termasuk pra-pengolahan). Ketiga, tidak memerlukan air dan listrik.

Melalui berbagai inisiatif ini, Fujifilm membuktikan komitmennya untuk mewujudkan Group Purpose “Giving our world more smiles”. Dengan mengintegrasikan teknologi canggih dalam bidang kesehatan, Fujifilm tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga memberikan harapan baru bagi mereka yang menghadapi tantangan kesehatan.

Setiap diagnosis yang tepat waktu, setiap nyawa yang diselamatkan, dan setiap peluang untuk hidup sehat yang diberikan, merupakan senyuman baru yang ditambahkan ke dunia kita. Ini sesuai dengan visi Fujifilm untuk menciptakan dunia yang lebih bahagia dan lebih sehat.

Melalui inovasi berkelanjutan dan komitmen terhadap kesejahteraan global, Fujifilm terus berupaya untuk menghadirkan lebih banyak senyuman ke seluruh penjuru dunia, membuktikan bahwa teknologi, ketika digunakan dengan tujuan yang mulia, dapat menjadi kekuatan besar dalam meningkatkan kualitas hidup manusia.

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami