Kolagen/kemenkes
Health

Begini Cara Konsumsi Kolagen Agar Efektif untuk Tubuh

Mutiara Nabila
Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Suplemen kolagen semakin tenar beberapa tahun belakangan di dunia kecantikan karena manfaatnya yang baik bagi tubuh. Lalu, bagaimana cara konsumsinya yang paling baik?

Kolagen merupakan protein esensial yang sangat penting untuk menjaga kekencangan, keremajaan kulit, dan kesehatan sendi. 

Dengan banyaknya produk kolagen yang tersedia, mulai dari suplemen hingga krim topikal, memang semakin sulit untuk mengetahui produk mana yang paling cocok untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Suplemen kolagen juga dengan cepat mendapatkan popularitas karena potensinya untuk meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan mobilitas sendi, dan memperkuat rambut dan kuku.

Kolagen yang dijual di pasaran digadang-gadang bisa memberikan manfaat seperti meningkatkan hidrasi kulit, pengurangan pigmentasi, mengurangi kerutan, dan meremajakan kulit secara keseluruhan. 

Ada beberapa penelitian yang menelusuri peningkatan kolagen di dan tripeptida dalam aliran darah setelah mengonsumsi kolagen, menunjukkan bahwa suplemen kolagen yang dikonsumsi oral atau diminum bisa benar-benar berfungsi.

Mengutip Times Entertainment, saat dikonsumsi, kolagen akan dipecah menjadi asam amino, yang digunakan tubuh untuk mendukung kulit, sendi, dan otot. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, bahkan mengurangi garis-garis halus.

Bagi mereka yang mencari manfaat menyeluruh, termasuk untuk kuku yang lebih kuat dan fungsi sendi yang lebih baik, suplemen kolagen disebut dapat memberikan peningkatan kesehatan secara menyeluruh, menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk rutinitas kecantikan holistik.

Namun, menurut Dr. Renita Rajan, dokter kulit bersertifikat, di antara suplemen kolagen oral, tidak semua kolagen dibuat sama. Dengan banyaknya proses ekstraksi kolagen, biasanya hanya akan ada sedikit kolagen tersisa di bubuk hasil akhirnya.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kolagen bermutu yang berbasis penelitian, karena ini biasanya telah diuji dalam penelitian pada manusia dan dosisnya dapat digunakan untuk memandu hasil dalam kehidupan nyata.

Sebaliknya, krim kolagen topikal tidak memiliki dasar bukti yang sama kuatnya. Ada beberapa penelitian awal untuk krim kolagen, tetapi kandungannya tidak lebih banyak dari bahan aktif kulit lainnya, seperti asam hialuronat atau retinol. 

Lantas bagaimana cara mengonsumsi kolagen agar efektif?

Kolagen pada dasarnya bisa didapatkan dari ekstrak makanan seperti ikan atau tulang ayam dan sapi. Sehingga bisa didapat secara alami dengan mengonsumsi makanan dari bahan-bahan tersebut

Selain itu, suplemen kolagen bubuk juga dapat dikonsumsi dengan mencampur satu sendok dengan air agar penyerapannya lebih baik.

Selain mengonsumsi suplemen kolagen, pilihan makanan dapat memainkan peran penting dalam produksi kolagen. Mengonsumsi makanan kaya kolagen, seperti kaldu tulang, ayam, telur, daging merah, ikan, tiram, dan khususnya buah jeruk dan beri, mendukung sintesis kolagen alami tubuh dan dapat meningkatkan hasil dari rutinitas perawatan kulit.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro