Ilustrasi buah-buahan dan sayur/ Dok. Relex
Health

10 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes dan PCOS

Redaksi
Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat Anda mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah banyak, maka sebaiknya perhatikanlah kandungan gula di dalam buah tersebut, agar terhindar dari penyakit PCOS dan diabetes.

Dilansir dari MedicalNewsToday, terdapat 10 buah-buah yang memiliki kadar gula tinggi yang akan mengganggu produksi insulin tubuh dan berakibat memperparah diabetes dan PCOS.

Diabetes dan PCOS merupakan penyakit berbahaya yang berasal dari ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi/menggunakan insulin dalam pengendalian kadar gula darah. Bagi penyandang diabetes dan PCOS, mengonsumsi karbohidrat yang seharusnya penting justru dapat memperparah kondisi kesehatan. Berikut inilah 10 buah yang patut dihindari oleh penyandang diabetes dan PCOS.

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes dan PCOS. Pisang merupakan buah tinggi karbohidrat dan sarat dengan gula.

Satu buah pisang mengandung sekitar 27 gram gula, yang bahkan lebih banyak dari sebagian besar permen. Seperti apel, pisang juga merupakan salah satu buah terburuk untuk diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan. 

Dikutip dari Mantracare.org beberapa penilitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-II. Penting juga untuk dicatat bahwa makan terlalu banyak pisang dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan masalah umum lainnya bagi penderita diabetes. Untuk penderita PCOS, mengkonsumsi pisang yang terlalu matang akan memperparah penyakit anda,

2. Mangga

Mangga tinggi gula dan karbohidrat, yang mengubahnya menjadi buah berbahaya bagi penderita diabetes dan PCOS. Satu mangga mengandung sekitar 36 gram gula, yang bahkan lebih banyak dari gula dalam sekaleng soda. Tidak hanya itu, 1 buah mangga juga mengandung sekitar 60 gram karbohidrat. 

3. Nanas

Nanas adalah buah-buahan lain yang tinggi gula dan karbohidrat. Satu nanas mengandung sekitar 46 gram gula dan 96 gram karbohidrat. Hal terbaik bagi penderita diabetes dan PCOS adalah menghindari makan nanas.

4. Cranberry

Cranberry adalah sesuatu yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Ini juga merupakan sesuatu yang dapat mengganggu kontrol gula darah. Cranberry tinggi gula dan mereka juga memiliki banyak karbohidrat. Bagi penderita diabetes dan PCOS mengkonsumsi cranberry hanya diperbolehkan 1 kali sebulan. 

5. Kismis

Kismis adalah buah kering lain yang tinggi gula. Segenggam kecil kismis mengandung sekitar 27 gram gula. Mereka juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Kismis juga tinggi kalori dan dapat berkontribusi pada penambahan berat badan jika dimakan dalam jumlah banyak. Seperti buah ara, kelompok buah ini juga mengandung sorbitol, yang dapat menyebabkan diare bagi penderita diabetes. Mereka juga sering mengandung gula tambahan dan sulfit, yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes dan PCOS. 

6. Buah ara

Buah ara sering disebut-sebut sebagai buah yang sehat, tetapi memiliki kandungan gula yang tinggi. Satu buah ara kecil mengandung sekitar delapan gram gula. Mereka juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Jika Anda menderita diabetes, yang terbaik adalah menghindari makan buah ara atau membatasi asupan dengan sangat terbatas. Buah ini  juga mengandung sorbitol, yang dapat menyebabkan diare pada penderita diabetes. 

7. Jeruk

Jeruk keprok/mandarin adalah buah yang harus dihindari penyandang diabetes, tetapi baik untuk mereka yang sakit PCOS. Jeruk mandarin mengandung gula yang lebih tinggi daripada buah jeruk lainnya seperti lemon dan jeruk nipis. Namun, jeruk ini juga memiliki kandungan vitamin C yang juga tinggi. 

Satu jeruk keprok kecil mengandung sekitar 13 gram gula. Mereka juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Jeruk keprok juga mengandung fruktosa, yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Terkadang ada masalah lain dengan jeruk keprok juga. Mereka bisa tinggi pestisida dan mengandun

8. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat menyegarkan, terutama saat musim panas. Namun, semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi, meskipun kandungan kalorinya rendah. Hal ini menandakan bahwa semangka dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, pengidap diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi semangka, meskipun porsinya kecil.

9. Kiwi 

Kiwi adalah sesuatu yang dihindari oleh banyak penderita diabetes. Ini memiliki kandungan gula alami yang tinggi, dan juga mengandung lebih banyak fruktosa daripada buah-buahan lainnya. Hal ini dapat membuat kadar gula darah melonjak, dan juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Pastikan untuk membatasi konsumsi dari buah kiwi, sebab kiwi tidak sepenuhnya buruk. Berhati-hatilah dengan porsi dari kiwi yang anda makan. Buah kiwi, mengandung sekitar 60% gula adalah fruktosa. Kandungan karbohidratnya juga tinggi, sekitar 20g per 100g. Ini mungkin juga mengandung lebih dari 20% dari kebutuhan Vitamin C harian Anda.

10. Leci

Orang dengan kadar gula darah tinggi harus menghindari semua jenis makanan manis yang memiliki indeks glikemik tinggi. Buah-buahan manis seperti leci berkaitan dengan GI tinggi dan dapat menjadi alasan dari melonjaknya kadar glukosa darah.

Buah leci juga seiring digunakan sebagai pemanis untuk makanan penutup atau koktail dan mengandung 29 gram gula per porsi. Itulah sebabnya penderita diabetes harus menghindari buah ini. Mereka bisa mengkonsumsi blackberry sebagai gantinya.

Itulah 10 buah yang harus dihindari jika anda merupakan pengidap penyakit diabetes dan PCOS, usahakan untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan yang dapat merangsang kenaikan gula darahmu. (Enrich Samuel)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro