perawatan kulit wajah/GoodRx
Health

Tanda-tanda Penuaan Dini dan Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 13 Oktober 2024 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak pertengahan usia 20-an, produksi kolagen alami tubuh akan melambat seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut dapat menyebabkan terbentuknya tampilan kerutan dan garis halus seiring dengan bertambahnya waktu.

Dermatologist Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.D.V.E., FINSDV, FAADV mengatakan terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya tampilan garis halus pada usia muda yakni faktor intrinsik, yaitu proses penuaan alami; dan faktor ekstrinsik seperti paparan terhadap sinar matahari dan polusi; pemilihan produk skincare yang kurang sesuai dengan kondisi kulit; mau pun konsumsi nutrisi yang kurang baik.

Dia memaparkan pada usia 20 tahunan sudah mulai turun produksi kolagen dalam kulit sebesar 5-10 persen, kemudian ketika menginjak usia 30 tahun, penurunan lebih besar 10-20 persen.

"Masuk usia 40 tahun akan turun lebih tinggi lagi menjadi 25-35 persen," paparnya.

Selain itu, katanya, periode menopause early 5 tahun penurunan produksi kolagen lebih besar lagi sekitar 30-40 persen, dimana dalam proses inilah wrinkle lebih jelas terlihat.

Dia memaparkan proses penuaan atau skin aging dipengaruhi dua hal yakni intrinsik atau kronologikal aging seperti genetik, gender dan penyakit penyerta.

Sedangkan faktor ekstrinsik biasanya paparan sinar matahari yang berlebihan, kebiasaan merokok, alkohol, dan paparan polusi dan makanan, dan stres atau sering marah-marah.

Faktor ekstrinsik yang paling berpengaruh sampai 50 ersen adalah gaya hidup, pola tidur, nutrisi yang cukup dan olahraga.

Tanda-tanda kulit mengalami penuaan

  • Kulit kering
  • Wrinkle
  • Warna tidak rata atau flek-flek
  • Tidak elastis
  • Beberapa pasien saya yang masih berusia 20-an mulai khawatir dengan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah, termasuk munculnya garis halus.

Fika Yolanda,  Marketing Director, Kenvue Indonesia mengatakan untuk mengatasi penuaan dini ada bahan aktif yang dapat membantu mencegah atau memperlambat proses penuaan.

Salah satu jawabannya adalah retinol, yang secara luas diakui dalam dermatologi sebagai salah satu solusi terbaik untuk mencegah dan memperlambat munculnya kerutan dan garis halus.

Retinol merupakan salah satu bentuk retinoid yang lebih lembut dibandingkan dengan asam retinoat dan retinaldehid, sehingga lebih jarang menyebabkan iritasi dan cocok untuk semua jenis kulit.

"Retinol mengalami dua tahap konversi untuk menjadi bentuk yang paling bioaktif, di mana ia berperan dalam mempercepat pergantian sel kulit, memperkuat epidermis, merangsang produksi kolagen dan elastin di lapisan dermis, serta menjaga kelembapan kulit secara optimal," ujarnya dalam peluncuran seri produk Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action).

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro