Kenali makanan yang bisa menghilangkan rasa sedih dan meningkatkan mood/Medical Today
Health

Lagi Sedih? Ini Makanan yang Bisa Tingkatkan Mood

Redaksi
Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan sedih kadang membuat seseorang menjadi kehilangan mood untuk melakukan aktivitas. Bersedih juga cenderung menguras energi sehingga orang merasa menjadi lebih malas. Pada saat seperti ini orang membutuhkan asupan serotonin.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (10/10/2024), serotonin adalah zat kimia di otak yang dapat mempengaruhi perubahan mood. Pada tahun 2016, ditemukan penelitian yang mengaitkan serotonin dengan gangguan suasana hati.

Penelitian tersebut menemukan kadar serotonin yang rendah berperan besar pada timbulnya depresi. Selain itu, kekurangan zat serotonin juga berpengaruh pada gangguan ingatan dan mood yang jelek. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh. Misalnya seperti berolahraga, meditasi, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan.

Triptofan adalah zat yang dapat memproduksi serotonin dalam tubuh. Karena tubuh tidak dapat memproduksi triptofan, maka orang mendapatkan zat triptofan dari makanan.

Ini makanan yang dapat membantu meningkatkan mood:

1. Coklat

Sudah bukan rahasia lagi bila coklat menjadi salah satu makanan yang wajib dimakan saat sedang sedih. Coklat mengandung triptofan dan alkaloid yang dapat berpengaruh terhadap perubahan suasana hati dan meningkatkan serotonin dalam tubuh manusia.

2. Telur

Telur mengandung triptofan yang dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh. Telur juga dapat dimasak dengan cara yang lebih sehat. Misalnya, alih-alih digoreng, telur bisa direbus. 

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam merupakan sumber triptofan. Bayam juga merupakan sumber zat besi yang baik sehingga selain dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh bayam dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengurangi risiko anemia.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein nabati dan lemak sehat. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung banyak triptofan sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Anda bisa coba untuk mengonsumsi kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah.

5. Salmon atau jenis ikan berlemak lainnya

Salmon atau ikan yang mengandung lemak merupakan sumber asam lemak omega 3. Asam lemak ini penting bagi kesehatan dan dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan kulit menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, mengonsumsi ikan berlemak juga dapat menurunkan tingkat depresi.

6. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi dan dapat membantu mensintesis neurotransmitter sehingga dapat memberikan rasa senang seperti dopamin dan serotonin.

Itulah 6 makanan yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh dan memperbaiki mood! (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro