Gunung Fuji di Jepang/gov-online.go.jp/
Travel

15 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Paling Indah di Dunia

Mutiara Nabila
Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:05
Bagikan

9. Mont-Saint-Michel, Prancis

Banyak situs terindah UNESCO yang tampak seperti negeri dongeng, tetapi hanya sedikit yang seromantis mimpi seperti Mont-Saint-Michael.

Mont-Saint-Michel, sebuah pulau pasang surut yang agak terombang-ambing di pantai barat laut Prancis. Pulau ini telah lama menarik pelancong dari berbagai kalangan, dan tetap menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di Prancis hingga saat ini. Meskipun sempat diubah jadi penjara pengasingan, pulau ini tetap tak kehilangan pesonanya.

10. Great Barrier Reef Belize, Belize

Meskipun Great Barrier Reef di Australia lebih terkenal, ada banyak hal yang bisa disukai dari sistem terumbu karang terbesar kedua yang ditemukan di bawah laut. Belize Barrier Reef sebenarnya adalah jaringan terumbu karang di lepas pantai Belize, dan masuk ke dalam daftar UNESCO pada 1996. Terumbu karang ini berkilauan di atas dan di bawah air, dengan burung-burung melihat nuansa biru tua dan pemandangan bawah laut yang langsung terlihat seperti berada di film Disney.

11. Kota Bagan, Myanmar

Kota kuno Bagan dulunya adalah ibu kota Kerajaan Pagan. Ribuan kuil Buddha dibangun selama tahun-tahun tersebut, dan meskipun hanya tersisa sekitar 2.000 kuil, Bagan masih menjadi salah satu tempat spiritual paling berpengaruh di planet ini. Setiap kuil memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan.

12. Taman Nasional Iguazu, Argentina

Taman Nasional Iguazu di Argentina, yang membentang seluas 261 mil persegi di perbatasan timur laut Argentina dengan Brasil ini terkenal dengan air terjunnya yang mendebarkan dan telah ditetapkan sebagai UNESCO pada 1984. Kekuatan air terlihat jelas di seluruh taman, dikelilingi oleh hutan lebat yang menjadi rumah bagi beberapa hewan paling menarik di Amerika Selatan, mulai dari jaguar, tapir, trenggiling, burung toucan, dan lebih begitu banyak kupu-kupu.

13. Petra, Yordania

Kompleks makam dan kuil yang sangat rumit di gurun barat daya Yordania ini merupakan salah satu tempat paling ikonik di dunia, yang mendapatkan status UNESCO pada 1985. Petra adalah harta karun keajaiban arkeologi yang benar-benar unik, sebuah situs yang mengesankan sekaligus indah dilihat. 

14. Kawasan Jembatan Tua di Mostar, Bosnia dan Herzegovina

Legenda mengatakan bahwa perancang Stari Most (Jembatan Tua) Mostar pada abad ke-16 begitu yakin bahwa jembatan itu tidak dapat bertahan sehingga dia menghilang pada hari peresmiannya. Padahal, arsitek tersebut seharusnya lebih percaya pada karyanya, karena struktur ajaib itu menentang fisika dan berdiri di atas perairan biru kehijauan Neretva selama 427 tahun. Jembatan itu sempat runtuh selama Perang Bosnia tetapi dibangun kembali dan dibuka kembali pada 2004, dan tetap menjadi salah satu gambar yang paling menarik di Eropa Tenggara.

15. Lalibela, Etiopia

Gereja-gereja batu Lalibela yang unik, dinamai dengan nama raja Zagwe abad ke-12 dan ke-13 yang memerintahkan pembangunannya. Sebelas gereja yang indah membentuk kompleks tersebut, yang telah lama menjadi tempat ziarah penting bagi umat Kristen Ortodoks Ethiopia dan setiap pengunjung yang tertarik pada keindahan budaya. Gereja-gereja tersebut dibangun dengan mengurangi ruang alih-alih menambah material, dan hasil akhirnya bak mesin waktu yang menakjubkan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro