Kasino MGM Cotai di Makau yang dioperasikan oleh MGM China kini dibuka kembali mulai Rabu (2/11/2022), setelah ditutup selama tiga hari karena karyawannya positif Covid-19./Istimewa
Travel

Ini Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia per Oktober 2024

Mutiara Nabila
Selasa, 8 Oktober 2024 - 10:02
Bagikan

6. Uni Emirat Arab

PDB: US$527,8 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,51%

Populasi: 9,99 juta

Setelah Turki dan Arab Saudi, UEA memiliki ekonomi terbesar ketiga di Timur Tengah. UEA sangat diuntungkan oleh sumber daya alamnya, meskipun tidak memiliki sungai permanen. Hanya 20% dari populasi penduduk asli, sedangkan sisanya tertarik dengan keuntungan ekonomi seperti gaji bebas pajak. Selain sektor hidrokarbon, pariwisata, keuangan, dan konstruksi merupakan industri yang menguntungkan di UEA. Negara ini juga berupaya keras untuk menjadi pusat sosial dan budaya, yang dicontohkan dengan menjadi tuan rumah Dubai Expo 2020 (diselenggarakan pada 2021-2022 karena adanya karantina wilayah) dan merencanakan Expo lainnya pada 2025 mendatang.

7. Swiss

PDB: US$938,46 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,44%

Populasi: 8,70 juta

Salah satu pusat wisata terbesar di dunia, Swiss juga memiliki sektor keuangan yang ramai. Negara ini juga diuntungkan dari ekspor logam mulia, instrumen presisi, dan mesin seperti komputer dan perangkat medis. Sekitar 74 persen dari PDB Swiss berasal dari sektor jasa dan 25 persen dari industri, dengan kurang dari satu persen dari sektor pertanian. Swiss juga memiliki tarif PPN terendah di Eropa.

8. San Marino

PDB: US$2,03 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0%

Populasi: 33.580

San Marino adalah republik tertua di Eropa dan kelima terkecil di benua itu. Tarif pajak penghasilan di sini sangat rendah, yang berkontribusi terhadap kekayaan yang dimiliki warga negara. San Marino adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki Utang Nasional hingga 2024. Karena terkurung daratan oleh Italia, San Marino memiliki pengaruh budaya Italia yang cukup besar dan juga merupakan salah satu negara paling indah yang membanggakan pariwisata, dengan wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi negara tersebut. 

9. Amerika Serikat

PDB: US$28,78 triliun

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 15,5%

Populasi: 332 juta

AS jelas masuk dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita PPP, meskipun berada di salah satu peringkat terbawah. Selain menjadi entitas ekonomi yang dominan, Amerika juga didukung oleh kemampuan militernya. 

10. Norwegia

PDB: US$526,95 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,25%

Populasi: 5,41 juta

Norwegia kembali menjadi penyedia minyak bumi teratas di wilayah Eropa Barat. Negara ini telah membuat kemajuan finansial yang baik setelah ekonominya anjlok selama krisis Covid-19. Lebih jauh, Norwegia memiliki dana kekayaan negara sebesar US$1,3 triliun untuk menangani krisis apa pun dengan segera, yang juga merupakan yang terbesar di dunia.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro