Ilustrasi sayuran yang mengandung vitamin K/Google1
Health

Inilah Sayuran Paling Sehat di Dunia Menurut Para Ahli

Mutiara Nabila
Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sayuran hijau selalu disebut-sebut sebagai makanan sehat, sampai sering muncul dalam salad dan bahkan harus menjadi mayoritas di dalam piring makanan utama sehari-hari.

Namun, para ahli pertanian dan nutrisi baru-baru ini mengidentifikasi sayuran tersehat di bumi, bukan bayam atau kale yang sedang populer.

CDC memberikan skor kepadatan nutrisi untuk produk berdasarkan konsentrasi vitamin dan mineral esensialnya. Sayuran yang biasa dikonsumsi seperti bayam, lobak Swiss, dan daun bit semuanya memiliki skor berkisar 80-an. 

Namun, satu-satunya sayuran yang mendapatkan skor sempurna 100 adalah selada air.

Selada air tumbuh di perairan tawar, seperti sungai dan kolam. Sayuran ini berkerabat dekat dengan kubis, kangkung, lobak, dan mustard. 

Selada air memiliki rasa yang sedikit pedas yang kuat. Mengutip Health, B&W Quality Growers melaporkan bahwa selada air telah dikonsumsi selama lebih dari tiga ribu tahun. Selada air merupakan bahan pokok dalam peradaban Yunani, Persia, dan Romawi kuno. 

Menurut ahli dokter Amy Lee, Kepala Nutrisi untuk Nucific, selada air memiliki banyak manfaat kesehatan, mengandung banyak vitamin A dan kalium, lebih banyak daripada selada biasa. Lebih hebatnya lagi, selada air mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam selada air, dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. 

Misalnya, vitamin A, sangat penting untuk menjaga kesehatan retina dan penglihatan. Mendapatkan cukup vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh karena sangat penting untuk perbaruan sel.

Sayuran berdaun ini juga kaya akan vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu lebih cepat pulih dari cedera, dan mendukung produksi kolagen yang sehat.

Selada air juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya seperti:

1. Menurunkan risiko kanker 

Selada air penuh dengan beta-karoten dan karotenoid lainnya, yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Seperti kebanyakan antioksidan, karotenoid telah dikaitkan dengan lebih sedikit radikal bebas dalam tubuh. Hal ini menyebabkan lebih sedikit stres oksidatif dan lebih rendahnya kemungkinan kerusakan sel, kanker, dan penyakit kronis lainnya seperti radang sendi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sayuran ini dapat membantu mendukung kesehatan jantung. Para ahli menghubungkan antioksidan (terutama karotenoid) dengan tekanan darah lebih rendah, kemungkinan penyakit jantung yang lebih rendah, dan bahkan kemungkinan serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Studi juga menunjukkan manfaat kesehatan jantung lainnya, di mana selada air dapat membantu menurunkan kolesterol.

3. Mendukung kesehatan tulang

Selada air merupakan sumber yang sangat baik dari tiga mineral yang penting untuk tulang yang sehat, yaitu kalsium, kalium, dan magnesium. Kalsium adalah mineral yang paling umum dalam tubuh. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium, tulang Anda dapat melemah secara perlahan seiring waktu, yang menyebabkan osteoporosis.

Magnesium dan kalium secara tidak langsung memengaruhi kesehatan rangka dengan memengaruhi pertumbuhan sel-sel tulang. Mengonsumsi cukup mineral ini dapat membantu menurunkan kemungkinan masalah kesehatan lebih lanjut akibat osteoporosis dan penuaan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro