Diabetes/upkkemenkes
Health

10 Tips Mencegah Diabetes, agar Tidak Terserang Penyakit Jantung dan Stroke

Redaksi
Senin, 23 September 2024 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat diabetes tertinggi, dengan tren meningkat setiap tahunnya.

Menurut data dari International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan penderita diabetes terbanyak dengan 19,5 juta penderita di tahun 2021 dan diprediksi akan meningkat 47% menjadi 28,6 juta di tahun 2045. 

Dilansir dari situs resmi Kemenkes, Senin (23/9/2024), diabetes merupakan ibu dari segala penyakit. Diabetes juga memicu munculnya penyakit-penyakit lain.

“Kalau diabetes tidak terkontrol, bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, ginjal yang akan lebih berat lagi masalahnya, akan lebih berat lagi biayanya,” ungkap Eva Susanti, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan.

Simak 10 langkah mencegah penyakit diabetes:

1. Pertahankan berat badan yang sehat

Dilansir dari proventionhealth.org, berat badan berlebih terkhususnya di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu anda perlu upayakan berat badan yang sehat melalui kombinasi pola makan dan olahraga, serta pantau Body Mass Index (BMI) anda untuk memastikannya berada di dalam kisaran yang sehat.

2. Ikuti diet yang seimbang

Perhatikan porsi makan untuk menghindari makan berlebihan dengan asupan kalori yang berlebih. Selain itu, kurangi konsumsi minuman dan makanan tinggi gula.

3. Aktif secara fisik

Melakukan aktivitas fisik yang teratur membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Dengan itu anda bisa melakukan berbagai latihan aerobik, seperti jalan cepat atau bersepeda. Usahakan lakukan latihan tersebut secara intens setidaknya 150 menit per minggu yang dilakukan selama beberapa hari.

4. Pantau kadar gula darah

Memahami kadar gula darah juga sangat penting. Dengan belajar menafsirkan pembacaan glukosa darah, anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mempertahankan tinggi gula darah anda.

5. Lakukan pemeriksaan reguler

Jadwalkan kunjungan rutin untuk memeriksa gula darah anda. Hal ini dapat membantu anda untuk mendeteksi potensi masalah diabetes sejak dini, terutama jika anda memiliki faktor risiko seperti obesitas atau riwayat keluarga yang juga sakit diabetes.

6. Kelola stres

Stress yang berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah anda. Kelola stress anda dengan kegiatan seperti, yoga dan juga meditasi. 

7. Utamakan kualitas tidur yang baik

Kekurangan tidur dapat mengganggu hormon dan menyebabkan resistensi insulin. Tidurlah selama 7 – 9 jam setiap malam untuk kualitas tidur yang lebih baik.

8. Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebih dapat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit diabetes.

9. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan diabetes. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang serius. 

10. Tetaplah edukasi diri anda terkait penyakit diabetes

Edukasi diri anda mengenai faktor, gejala, dan strategi pencegahan diabetes. Semakin banyak informasi yang anda miliki terkait diabetes, maka anda akan semakin paham langkah-langkah yang harus anda ambil untuk memerangi diabetes. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro