Batuk/kemenkes
Health

Fakta-Fakta Penting Tentang Flu

Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit flu mungkin pernah dialami oleh seluruh manusia di muka bumi. Namun, terdapat beberapa fakta menarik tentang flu yang tidak diketahui banyak orang.

Dilansir dari laman medicinenet.com, dlu adalah penyakit menular umum yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Beberapa gejala dari flu yang umum terjadi diantaranya adalah demam, sakit tenggorokan, batuk, menggigil, hidung tersumbat atau berair, nyeri tubuh, dan kelelahan.

Simak fakta-fakta tentang flu:

1. Flu dapat menular bahkan sebelum gejalanya terlihat

Flu adalah penyakit yang dapat menular dan menyebar dari 1 tubuh ke tubuh lainnya, bahkan sebelum orang tersebut tahu bahwa dirinya terjangkit. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa seseorang dapat menularkan penyakitnya ke orang lain mulai 1 hari sebelum gejala terlihat.

Flu biasanya tetap menular selama 5 hingga 7 hari setelah orang tersebut terjangkit. Namun, bagi anak-anak dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebarkan flu selama lebih dari 7 hari.

2. Vaksin flu berubah sedikit pada setiap tahun

Terdapat banyak jenis vaksin flu dan komposisi spesifiknya yang mengalami sedikit perubahan pada setiap tahunnya. Hal ini karena virus akan terus bermutasi dan mengubah bentuknya. Oleh karena itu, Anda memerlukan vaksin flu baru setiap tahun guna melindungi diri dari virus ini.

3. Virus flu dapat bertahan hidup hingga 48 jam di permukaan yang keras

Baja tahan karat, kaca, dan plastik adalah contoh permukaan keras yang dapat menjadi ‘rumah sementara’ virus flu. Virus ini juga dapat bertahan hidup hingga 12 jam pada permukaan yang lebih lembut seperti pakaian, linen, dan tisu.

Dengan itu, berhati-hatilah ketika mencuci atau mensterilkan semua permukaan yang mungkin bersentuhan dengan orang yang terkena flu.

4. Flu dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa

Meskipun kebanyakan orang pulih dari flu dalam waktu dua minggu, beberapa orang dapat mengalami komplikasi yang berpotensi fatal. 

Flu dapat memicu berbagai komplikasi, mulai dari yang sedang seperti infeksi sinus dan pneumonia, sampai yang serius seperti miokarditis dan ensefalitis, bahkan dapat lebih parah seperti kegagalan multi-organ. Komplikasi ini jarang terjadi, tetapi orang deasa yang lebih tua dan orang dengan kondisi kesehatan kronis memiliki risiko lebih tinggi.

5. Hewan tidak bisa menularkan flu kepada manusia

Sama seperti manusia, hewan juga dapat mengalami flu. Gejalanya pun serupa, seperti bersin, batuk, dan juga kelelahan. Namun untungnya, virus bersifat khusus untuk spesies tertentu. Virus yang membuat hewan peliharaan Anda sakit tidak dapat menginfeksi manusia, begitupun sebaliknya.

6. Vitamin C tidak akan melindungi

Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, vitamin C tidak dapat mencegah seseorang terkena flu.

Mitos bahwa vitamin C akan melindungi seseorang dari flu pertama kali muncul pada tahun 1970-an dan telah menjadi anggapan yang umum sejak saat itu.

Sebuah tinjauan sistematis berskala besar menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen Vitamin C setiap hari dalam jangka panjang tidak efektif dalam mencegah flu. Namun, dosis besar Vitamin C dapat membantu mengurangi durasi dan gejala flu setelah mengalaminya. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro