Mata kedutan/WHO
Health

Simak 10 Arti Kedutan Alis Kanan

Redaksi
Kamis, 18 Juli 2024 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang percaya, jika alis kanan berkedut, Anda sedang dipikirkan oleh orang lain. Ada juga yang percaya bahwa alis berkedut artinya Anda akan dapat rezeki melimpah.

Namun, melalui sudut pandang medis, alis berkedut hanyalah gejala dari masalah yang kita alami. Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, kedutan yang terasa di alis kanan maupun kiri adalah sebuah bentuk ketegangan otot.

Otot yang tegang bisa jadi gejala kondisi medis yang perlu diobati. Ini tergantung dari jangka waktu mata atau alis Anda berkedut, yang normalnya berada pada beberapa detik hingga beberapa jam.

Inilah 10 alasan alis mata kanan :

1. Terlalu banyak kafein

Salah satu efek samping dari asupan kafein yang berlebihan adalah mata yang berkedut

Apabila Anda merasa bagian mata, alis, dan sekitarnya berkedut, coba perhatikan asupan kafein Anda. Jika kedutan lebih sering terjadi setelah meminum sesuatu, Anda dapat mengurangi kopi, teh, soda, dan minuman berenergi.

2. Kekurangan nutrisi

Nutrisi yang kurang dapat menyebabkan syaraf dan otot bekerja dengan kurang baik–menyebabkan area alis berkedut. Terutama, kurang zat magnesium atau potasium.

Zat tersebut memiliki peran penting dalam memperbaiki fungsi syaraf dan otot. Saat Anda kekurangan magnesium, Anda juga dapat merasakan tremor, kelelahan, lemah, dan tidak nafsu makan.

Untuk menghindari ini, Anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi magnesium seperti kacang-kacangan, bayam, susu kedelai, dan alpukat. Selain itu, menurut Health Direct, makanan tinggi potasium antara lain pisang, timun, kentang, produk susu, dan daging.

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan kedutan, walaupun disarankan untuk berubah pengobatan ketika terjadi efek samping ini.

Antara lain, pengobatan ADHD, antipsikotik, dan antiepilepsi dapat menyebabkan tremor. Obat diuretik juga menyebabkan kekurangan magnesium, dengan demikian berpotensi mengurangi kadar magnesium Anda.

4. Mata tegang

Apabila Anda memaksa mata Anda bekerja terlalu keras, otot mata dapat kelelahan. Hal ini juga dapat menyebabkan area otot mata berkedut.

Hal ini dapat terjadi ketika seseorang terlalu lama melihat layar. Pastikan Anda sering melatih mata Anda untuk memandang sesuatu yang jauh ketika hal ini terjadi.

Selain itu, mata yang tegang dapat disebabkan kegiatan menyipitkan mata terlalu lama, atau memiliki rabun tanpa menggunakan kacamata. 

5. Kekurangan tidur

Jumlah jam tidur yang normal berkisar pada 7 sampai 9 jam per malam. Saat Anda merasa terdapat kedutan pada alis Anda, hal ini bisa disebabkan Anda kelelahan karena kurang tidur.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro