Ilustrasi Taj Mahal sebagai ikon wisata da geliat ekonomi di India. Dok. Freepik
Relationship

7 Bangunan yang Dibuat untuk Melambangkan Cinta

Redaksi
Minggu, 14 Juli 2024 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cinta dapat membuat seseorang rela melakukan apa saja untuk orang terkasihnya. Bermacam pengorbanan dan perjuangan pun tak luput untuk dilakukan. Bentuk pembuktian cinta seseorang dapat berbeda-beda, mulai dari membuatkan lagu, puisi, hingga syair.

Namun, pernahkah Anda membayangkan jika seseorang rela membuatkan orang terkasihnya sebuah bangunan untuk melambangkan cintanya? Bagaimana tempat tersebut melegenda hingga dijadikan tempat wisata untuk umum? Dilansir dari Conde Nast Traveller, berikut beberapa bangunan yang dibuat untuk melambangkan cinta:

1. Taj Mahal, Agra, India

Taj Mahal merupakan sebuah ikon cinta abadi yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan pada abad ke-17 sebagai makam untuk istrinya, Mumtaz Mahal–yang meninggal setelah melahirkan anak mereka.

Bangunan legendaris ini masuk ke dalam satu dari tujuh keajaiban dunia dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Taj Mahal terbuka untuk dikunjugi oleh umum.

2. Bibi Ka Maqbara, Aurangabad, India

Bangunan ini memiliki kemiripan dengan Taj Mahal yang sangat mencolok. Bukan tanpa alasan, bangunan ini dirancang oleh Attaulah Rashidi, yang merupakan putra dari Ustad Ahmad Lahori–kepala arsitek Taj Mahal.

Bibi Ka Maqbara merupakan sebuah makam yang dibangun atas inisiatif Kaisar Mughal Aurangzeb untuk mengenang istrinya, Dilras Banu Begum. Pembangunannya diselesaikan oleh putranya, Azam Shah. Bangunan yang mulai dibuat pada tahun 1660 ini terletak sekitar tiga kilometer dari kota Aurangabad dan terbuka untuk umum.

3. Kastil Torrechiara, Parma, Italia

Kastil Torrechiara merupakan lambang cinta dari bangsawan Italia, Pier Maria II Rossi, kepada kekasihnya, Bianca Pellegrini. Bangunan yang selesai dibangun pada tahun 1460 ini menghadap langsung ke Lembah Parma. Kastil Torrechiara terkenal dengan lukisan dindingnya, terutama Camera d’oro (Golden Room) yang melambangkan kisah cinta mereka yang romantis. Kastil ini menawarkan tiket masuk gratis pada beberapa hari, termasuk tanggal 14 Februari.

4. Kastil Boldt, New York, Amerika Serikat

Kastil ini dibangun oleh seorang jutawan, Georfe C. Boldt, untuk istrinya, Louise. Kastil Boldt dibangun di atas pulau indah berbentuk hati, yang membuatnya menjadi sangat romantis. Kastil ini direncanakan memiliki enam lantai dan 120 kamar, dengan taman bergaya Italia dan jembatan angkat yang tersedia.

Mulai dibangun pada tahun 1900, sayangnya pembangunannya harus terhenti sejak tahun 1904, karena meninggalnya Louise. Pada tahun 1977, Thousand Islands Bridge Authority mengakuisisinya dan membuka kastil tersebut untuk para pengunjung.

5. Sweetheart Abbey, Dumfries, Skotlandia

Sweetheart Abbey merupakan sebuah biara yang dibangun sebagai bukti cinta Lady Dervorguilla terhadap suaminya, John Balliol. John sendiri meninggal pada tahun 1268, dan membuat istrinya membangun biara ini pada tahun 1275. Lady Dervorguilla meletakkan jantung suaminya dalam sebuah peti mati perak. Ketika Dervorguilla meninggal, dia dimakamkan bersama peti mati tersebut di gereja biara. Biara tersebut telah dinonaktifkan dan dibuka untuk pengunjung.

6. Kuil Kodai-ji, Kyoto, Jepang

Kuil Buddha Zen ini dibangun pada tahun 1605 oleh Kita no Mandokoro–atau lebih dikenal dengan nama Nene–untuk menghormati suaminya, Toyotomi Hideyoshi. Toyotomi sendiri merupakan salah satu tokoh yang berperan penting dalam penyatuan Jepang. Sementara itu, Nene menjadi pendeta wanita di kuil tersebut dengan nama Kodaiin Kogetsuni. Keduanya dimakamkan di tempat tersebut. Kuil ini memiliki taman yang indah dan terbuka untuk pengunjung.

7. Menara Eiffel, Paris, Prancis

Menara Eiffel dibangun oleh Gustave Eiffel dan tidak dibangun untuk melambangkan cinta, melainkan untuk Paris World Fair (Pameran Dunia Paris) pada tahun 1889 untuk menandai satu abad Revolusi Prancis. Meskipun begitu, Menara Eiffel telah menjadi simbol paling ikonik dari Kota Cinta, Paris–karena telah menjadi saksi dari berbagai kencan, pengungkapan cinta, patah hati, dan lamaran selama berabad-abad. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro