Ilustrasi jogging/freepik
Health

Berjalan Kaki 10 Menit Saja Bisa Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 11 Juli 2024 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut sebuah penelitan, berjalan kaki sepuluh menit saja setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik jangka pendek sekalipun dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Rutinitas ini menggabungkan jalan kaki singkat dengan olahraga sederhana untuk memaksimalkan manfaat kesehatan jantung.

Menurut American Heart Association, aktivitas fisik dalam waktu singkat dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa olahraga singkat dengan intensitas sedang dapat menurunkan risiko kejadian kardiovaskular hingga 14%.
  
Jalan kaki membantu membangun tulang dan otot yang lebih kuat karena merupakan aktivitas menahan beban.

Seiring bertambahnya usia, hal ini dapat sangat membantu dalam mencegah osteoporosis dan memperkuat mobilitas umum.

Berikut tips sehat berjalan kaki yang benar

1. Pemanasan: Mempersiapkan tubuh Anda

Sebelum mulai berjalan, penting untuk melakukan pemanasan otot-otot kita. Mulailah dengan peregangan lembut selama sekitar dua menit. Fokus pada betis, paha belakang, dan paha depan.

Ikuti ini dengan berjalan perlahan dan hati-hati selama satu menit untuk meningkatkan detak jantung secara bertahap. Persiapan ini mengurangi risiko cedera dan meningkatkan efisiensi berjalan Anda. 

Saat melakukan pemanasan, perhatikan postur tubuh. Berdiri tegak, libatkan inti tubuh, dan rilekskan bahu. Postur tubuh yang baik tidak hanya mencegah ketegangan tetapi juga memaksimalkan efisiensi jalan kita.

2. Rutinitas inti berjalan

Habiskan enam menit berikutnya dengan berjalan cepat. Usahakan kecepatan yang membuat percakapan menjadi sedikit sulit.

Tingkat intensitas ini akan membantu meningkatkan detak jantung kita, meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, jalan kaki efektif menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan.

Untuk mempertahankan kecepatan yang cepat dan energik, fokuslah untuk mengambil langkah yang lebih cepat daripada langkah yang lebih panjang. Jaga agar lengan tetap tertekuk pada sudut 90 derajat dan ayunkan secara alami pada setiap langkah. Ini akan membantu meningkatkan kecepatan berjalan.

3. Sertakan latihan sederhana

Untuk memaksimalkan manfaatnya, tambahkan latihan berikut saat berjalan:

Lingkaran lengan: Selama satu menit, rentangkan tangan Anda ke samping dan buat lingkaran kecil. Latihan ini meningkatkan mobilitas tubuh bagian atas dan meningkatkan detak jantung Anda.

Lutut tinggi: Untuk menit berikutnya, angkat lutut setinggi pinggang sambil berjalan. Gerakan ini menargetkan inti dan kaki Anda, memberikan latihan seluruh tubuh.

4. Tenangkan diri Anda

Menit terakhir dari rutinitas tersebut adalah berjalan perlahan, sehingga detak jantung kembali normal. Ikuti ini dengan peregangan dua menit lagi, dengan fokus pada area yang paling sering Anda kerjakan. Pendinginan membantu mencegah kekakuan otot dan mempercepat pemulihan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro