Penumpang menunggu untuk naik kereta di Stasiun Kereta Api Hongqiao Shanghai selama Festival Musim Semi tahunan menjelang Tahun Baru Imlek, saat wabah Covid-19 berlanjut, di Shanghai, China 18 Januari 2023. REUTERS/Aly Song / File Foto
Health

Orang Dewasa Paling Banyak Terkena Long Covid, Ini Tanda dan Gejalanya

Restu Wahyuning Asih
Senin, 8 Juli 2024 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi mengatakan bahwa orang dewasa lebih rentan terkena long Covid-19.

Mengutip dari Science Alert, setidaknya hampir 6.9 persen atau 17,8 juta orang dewasa di Amerika Serikat (AS) menderita Covid-19 dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian dalam sebuah survei, total 8.275 orang dewasa mengatakan mereka telah terinfeksi Covid-19 setidaknya satu kali. Kemudian 1.202 dilaporkan mengalami gejala yang berkepanjangan, seperti kelelahan, kabut otak, dan kesulitan bernapas.

Dari kelompok umur, perempuan lebih mungkin melaporkan pernah menderita Covid-19 jangka panjang dibandingkan laki-laki.

Namun data juga menunjukkan bahwa orang yang sudah mendapat vaksin booster lebih rendah terkena long Covid, dibandingkan mereka yang hanya menerima dua dosis vaksinasi.

Tanda-tanda Long Covid

David Putrino, PhD, seorang direktur Inovasi Rehabilitasi untuk Sistem Kesehatan Mount Sinai di New York City mengatakan ia telah merawat dan mempelajari pasien yang menderita Covid-19 jangka panjang.

Menurutnya, pasien dapat pulih (atau merasa pulih) dari long Covid yang berkepanjangan hingga tantangan kekebalan berikutnya.

“Kami melihat pasien yang terjangkit Covid-19 diikuti dengan long Covid kemudian menjadi lebih baik sepenuhnya atau sebagian besar membaik. Kemudian mereka tertular Covid lagi, dan ini diikuti dengan kambuhnya gejala-gejala Covid yang berkepanjangan,” kata Jeffrey Parsonnet, MD, spesialis penyakit menular dan direktur Klinik Sindrom COVID Pasca Akut Dartmouth Hitchcock, Lebanon, New Hampshire, dikutip dari Medscape.

Jeffrey menjelaskan bahwa setiap pasien yang mengalami long Covid, memiliki gejala yang berbeda-beda.

“Setiap pasien terlihat berbeda dalam hal apa yang menjadi lebih baik dan seberapa cepat. Dan lagi, beberapa pasien tidak membaik (atau bahkan sedikit membaik) setelah beberapa tahun,” katanya.

Gejala Long Covid

Menurut WHO, long Covid-19 adalah kondisi di mana seorang penyintas masih merasakan gejala penyakit tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Kini sebuah studi baru menemukan bahwa hanya ada 7 gejala kesehatan jangka panjang yang terkait langsung long Covid-19. 

Hal ini ditemukan oleh para peneliti di University of Missouri yang menganalisis catatan medis elektronik 52.461 pasien di Amerika Serikat. Semua pasien telah didiagnosis dengan infeksi COVID sebelum 14 April 2022. 

Para peneliti mempelajari 47 gejala kesehatan teratas yang paling sering dilaporkan dari long Covid-19. Mereka hanya menemukan tujuh gejala yang diterapkan pada subkelompok pasien dewasa yang terinfeksi. Berikut adalah tujuh gejala yang bisa bertahan hingga satu tahun.

Bahkan gejala-gejala ini pun sangat mungkin mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari. Lantas, apa saja gejala terbaru yang bisa dialami oleh seseorang menderita long Covid-19? Berikut ulasannya. 

1. Jantung berdebar kencang...

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro