Ini Dia Camilan untuk Usus yang Sehat
Health

Ini Dia Camilan untuk Usus yang Sehat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 20 Juni 2024 - 14:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan mikroba baik yang ada di usus Anda adalah dengan menjaga pola makan yang sehat, termasuk memasukkan makanan ramah usus ke dalam makanan Anda sehari-hari.

Buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya probiotik seperti yogurt merupakan makanan yang baik untuk usus.

Selain itu, ternyata ada juga camilan terbaik untuk kesehatan usus Anda.

Dilansir dari eatingwell, Janese Laster, M.D., ahli gastroenterologi bersertifikat, pakar nutrisi dan pengobatan obesitas, dan pendiri Gut Theory Total Digestive Care di Washington, D.C mengatakan camilan sehat untuk usus sederhana adalah makanan nabati berbasis protein.

Terutamanya adalah kacang-kacangan (pistachio, walnut, almond), edamame kering, hummus dan sayuran, buah dengan selai kacang, dan protein shake.

Laster mengatakan bahwa camilan jenis ini menyediakan dua nutrisi penting yang penting untuk kesehatan usus: protein dan serat. “[Makanan ringan] yang tinggi protein dan serat nabati membantu memberi makan sel-sel kolon dan mendiversifikasi mikrobioma.

Campuran beragam bakteri di usus Anda membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tangguh. Sebaliknya, keragaman bakteri yang lebih rendah dikaitkan dengan peradangan dan penyakit kronis.

Terlebih lagi, mikroba di usus besar Anda memfermentasi serat dalam protein nabati ini, menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang menjaga penghalang usus, menekan peradangan, dan mengatur metabolisme Anda.2 Dengan memilih camilan yang tinggi protein nabati, Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Kacang adalah kombinasi sempurna antara protein dan serat. Pilihan camilan berprotein tinggi yang baik harus mengandung 6 hingga 20 gram protein, dan Anda harus mencari setidaknya 3 gram serat dalam camilan berserat tinggi. Misalnya, 2 sendok makan mentega almond mengandung sekitar 7 gram protein dan lebih dari 3 gram serat.3 (Tambahkan sebuah apel ke dalamnya dan Anda akan mendapatkan lebih banyak serat.) Seperempat cangkir pistachio yang dikupas mengandung sekitar 6 gram protein dan 3 gram serat.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro