Singapur Flyer/singaporetourismboard
Travel

10 Negara Paling Aman di Dunia Tahun 2024, Ada Singapura dan Jepang

Mutiara Nabila
Rabu, 19 Juni 2024 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Populasi dunia terus mengalami perubahan, baik bertambah atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun, pemerintah negara tertentu memberikan keamanan sosial dan kesejahteraan sosial yang lebih baik bagi warganya dibandingkan negara lain.

Global Peace Index atau Indeks Perdamaian Global memberi peringkat pada negara-negara teraman di dunia, yang merupakan sumber daya yang bagus bagi wisatawan dan imigran.

Laporan Indeks Perdamaian Global merupakan penilaian tahunan yang mengukur kesejahteraan berbagai masyarakat di seluruh dunia. 

Indeks ini menggali informasi mengenai beberapa indikator kualitatif utama diambil langsung dari sumber yang sangat dihormati, seperti Indeks Demokrasi dari Economist Intelligence Unit (EIU).

Dari indeks tersebut, negara-negara teraman di dunia biasanya akan mendapat skor tinggi. Adapun, beberapa hal yang menjadi penilaian antara lain terkait keselamatan dan keamanan masyarakat dan anggaran belanja militernya.

Berikut ini daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan Global Peace Index:

1. Islandia

Islandia dianggap sebagai negara teraman di dunia berdasarkan data terkini. Negara kepulauan di Atlantik ini memiliki sejarah panjang sebagai contoh cemerlang negara yang damai. Bahkan setelah terjadi sedikit penurunan berdasarkan aktivitas teroris yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 2022, negara ini masih tetap menjadi negara teraman di dunia.

2. Denmark

Skandinavia dianggap sebagai wilayah paling damai di dunia, dengan Denmark menjadi negara teraman di grup tersebut. Denmark memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dan menjadi favorit di kalangan solo traveler wanita. Warga negaranya juga menikmati tingkat kesejahteraan sosial yang tinggi dan tingkat pengangguran yang rendah.

3. Irlandia

Meskipun ada ketegangan baru dengan Inggris setelah Brexit, Irlandia masih menunjukkan tingkat keselamatan dan keamanan sosial yang kuat bagi warganya dan tingkat keselamatan perjalanan yang tinggi bagi wisatawan yang mengunjungi pedesaan Emerald Isle yang tenang.

4. Selandia Baru

Selandia Baru dianggap sebagai salah satu kawasan wisata teraman. Berkat sistem layanan kesehatan yang sangat baik dan kepolisian yang mumpuni, negara ini berada di urutan teratas daftar keselamatan dan keamanan dalam menjamin kesehatan warganya dan menjaga tingkat kejahatan dengan kekerasan tetap rendah.

5. Austria

Negara pegunungan di Eropa Tengah ini pernah menjadi rumah bagi Kekaisaran Habsburg, yang menguasai beberapa negara Eropa lainnya melalui politik yang kuat antara abad ke-13 dan ke-16 M.

Namun, masyarakat Austria telah meninggalkan sejarah tersebut dan kini menikmati masyarakat dengan tingkat kejahatan yang rendah dan standar hidup yang tinggi.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro