Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

5 Dampak Menahan Buang Air Kecil Bagi Kesehatan

Redaksi
Kamis, 13 Juni 2024 - 08:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang seringkali menahan buang air kecil karena malas untuk pergi ke toilet. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, bisa berdampak fatal pada kesehatan tubuh seperti dapat memicu penyakit kronis.

Karena itu, setiap orang harus mengeluarkan urine dalam tubuh setiap harinya. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga secara optimal, khususnya pada organ ginjal.

Dilansir dari Only My Health dan India.com, buang air kecil merupakan cara kerja tubuh untuk menghilangkan racun atau cairan berlebih yang menjadi penyebab masalah penyakit kronis.

Orang yang mempunyai kebiasaan menahan buang air kecil berisiko lebih tinggi terkena penyakit infeksi saluran kemih, nyeri, batu ginjal, kerusakan otot panggul, dan peradangan kandung kemih.

Berikut Penyakit Akibat Menahan Buang Air Kecil

1. Infeksi saluran kemih

Jika Anda mempunyai kebiasaan menahan buang air kecil, maka dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri lebih cepat. 

Akibatnya, Anda bisa mengalami infeksi saluran kemih. Beberapa gejala yang dialami seperti adanya darah dalam urine, sensasi terbakar saat buang air kecil, urine berbau serta berwarna gelap, dan nyeri di perut bagian bawah atau panggul.

2. Batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa disebabkan karena memiliki kebiasaan menahan buang air kecil terlalu lama. Khususnya, bagi Anda yang menjalani pola makan tinggi kalium, natrium, dan fosfor. Karena, makanan tersebut memicu pengendapan mineral seperti kalsium oksalat dan asam urat yang dapat membentuk batu dalam organ ginjal.

3. Gangguan fungsi ginjal

Organ ginjal memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Karena itu, kebiasaan menahan buang air kecil dapat memberikan tekanan pada ginjal, sehingga mengganggu fungsi serta menurunkan kinerjanya. Akibat kondisi ini, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ginjal.

4. Inkontinensia urine

Seseorang yang sering menahan buang air kecil berisiko terkena inkontinensia urine. Penyakit ini membuat penderitanya sulit menahan keinginan untuk buang air kecil, akibat hilangnya kontrol kandung kemih. Apabila Anda mengalami kondisi ini, tentunya dapat mengganggu segala aktivitas yang dijalani.

5. Peregangan kandung kemih

Kandung kemih mempunyai peran penting dalam memperlancar proses pembuangan urine. Namun, kebiasaan menahan buang air kecil bisa mengakibatkan peregangan pada kandung kemih yang menyebabkan seseorang kesulitan mengeluarkan urine secara normal. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro