Bobby Saputra/DMN
Entertainment

Sosok Ben Sumadiwiria yang Viral Jadi 'Donatur' Kaya di Singapura

Mutiara Nabila
Senin, 28 Oktober 2024 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Bobby Saputra, kembali hangat dibicarakan warganet lantaran suka berdonasi ke orang-orang Singapura. 

Semua orang tahu bahwa Singapura adalah salah satu negara terkaya di Asia dan di dunia. Namun, Rich Asian dari Indonesia itu justru berdonasi ke warga di negara tersebut. 

Tak tanggung-tanggung, dia bahkan mengatakan bahwa "ekonomi Singapura bergantung pada saya" dalam sebuah video ketika tengah "berdonasi" tas mahal, mewah, dan bermerek kepada wanita-wanita di Negeri Singa. 

Tak hanya itu, pria yang pernah mengaku anak pemilik Aqua itu juga sering membuat konten hidup mewah dengan pakaian bermerek mewah, mobil sport, dan lainnya, berkat uang sang "ayah".  

Tapi, pemilik nama asli Ben Sumadiwiria itu ternyata tak takut dicibir oleh warga Singapura. Dia tahu bahwa warga Singapura paham hal itu hanya video satir belaka. 

Lantas siapa Ben Sumadiwiria sebenarnya? 

Dia ternyata memang keturunan Tionghoa, dan Indonesia.

Mengutip wawancaranya bersama Slice Group, sebelum datang ke Indonesia, dia berkebangsaan Jerman dan menyebut dirinya hanya "seorang pria Eropa biasa" yang tumbuh besar di Jerman dan Inggris. 

Sebelum menjadi konten kreator dengan konten-konten khasnya, dia adalah seorang koki, yang bahkan sudah sempat berkarier memasak untuk first class Etihad Airways. 

Agar tak bosan dengan pekerjaannya, dia kemudian mulai membuat konten di media sosial yang awalnya hanya sekadar review makanan atau restoran. Hingga suatu hari dia bertemu dengan teman-temannya dalam sebuah acara pernikahan di Jimbaran, Bali. 

Di sana, dia menemukan sebagian besar tamu yang merupakan keturunan China - Indonesia, atau biasa disebut Chindo, datang dengan tampilan yang mewah dan terlihat kaya-raya. 

Belum lagi, selama tinggal di Indonesia, dia juga menemui beberapa orang yang membayar seluruh biaya pesta, atau merayakan ulang tahun pertama anaknya dengan mewah.  

Setelah itu, dia sempat kembali ke tempat kelahirannya di Inggris dan ke Amerika. Namun, dia memutuskan untuk kembali ke Bali dan membuka restoran, serta menghabiskan waktunya di Bali.

Kemudian, sembari mengisi waktunya, Ben mulai membuat konten yang terinspirasi dari kehidupan orang-orang kaya yang dikenalnya dan menciptakan karakter Bobby Saputra. 

Dengan karakternya yang kuat sebagai Chindo kaya, dia bahkan berhasil membuat banyak orang percaya bahwa dirinya benar-benar anak pemilik perusahaan air mineral Aqua. 

Dia mulai menghidupkan karakter tersebut sejak September 2023 dan kini video-videonya yang viral sudah disaksikan hingga 20-30 juta orang di TikTok, Instagram, YouTube dan Facebook.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro