Demam tifoid/dinkestegal
Health

Ini Lho Penyebab Utama Orang Bisa Kena Sakit Tipes

Mia Chitra Dinisari
Senin, 28 Oktober 2024 - 16:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit tifus atau tipes merupakan sakit yang umum terjadi di Indonesia.

Pasalnya, tipes adalah infeksi bakteri yang biasanya terjadi di daerah tropis dan disebabkan oleh bakteri yang disebut salmonella typhi.

Dr. Archana M, Konsultan - Penyakit Menular Anak, Rumah Sakit Manipal Jalan Bandara Lama dilansir dari timesofindia mengatakan infeksi ini pada dasarnya menyebar melalui konsumsi makanan dan air yang tidak higienis.

Risiko ini meningkat terutama di tempat-tempat yang pasokan air bersih dan sanitasinya terancam. Kondisi seperti ini lebih banyak terjadi di daerah yang padat penduduk, terutama daerah kumuh perkotaan.

Cara penularan lainnya adalah melalui konsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak higienis, terutama makanan yang dimasak sebelumnya, disimpan, atau didinginkan.

Simak risiko tinggi terkena tipes

1. Jajan sembarangan

Memakan jajanan pinggir jalan juga banyak terjadi pada anak-anak tersebut sehingga dapat meningkatkan risiko penularan.

2. Penggunaan Antasida Berlebih

Penggunaan antasida yang tidak perlu selanjutnya dapat membuat seseorang rentan terkena infeksi tipus. Antasida mengurangi kandungan asam di lambung, yang merupakan faktor perlindungan alami terhadap infeksi.

Oleh karena itu, pengobatan sendiri atau penggunaan antasida yang tidak perlu harus dihindari. Kepadatan penduduk juga menjadi bahan bakar penularan, karena tipus dapat menyebar melalui benda asing.

Risiko tersebut dapat dikurangi dengan menyediakan air matang untuk diminum, dan mengonsumsi makanan rumahan yang dimasak dengan baik.

3. Kurang bersihnya lingkungan

Toilet dan jamban di rumah tangga adalah wajib dan teknik mencuci tangan harus diajarkan kepada semua anak di sekolah untuk mencegah penularan demam tifoid. Buang air besar sembarangan harus dilarang karena dapat meningkatkan kontaminasi makanan dan air, selama musim hujan, yang juga menjadi faktor pendorong meningkatnya penyebaran penyakit tifus.

Mencuci tangan memainkan peran penting dalam mencegah cara penularan ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan pakai sabun selama 30 - 45 detik dan mengedukasi masyarakat dan anak di sekolah.

Demam tifoid dapat dicegah dengan vaksinasi tifoid. Vaksin ini juga dapat mengurangi keparahan infeksi. Namun saat ini belum termasuk program imunisasi universal yang disediakan pemerintah. Oleh karena itu, masyarakat perlu diberikan edukasi mengenai ketersediaan vaksin tifoid terkonjugasi yang dapat diberikan dalam dosis tunggal mulai usia 6 bulan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro