Sel kanker/reuters
Health

Kenali Gejala dan Bahaya Kanker Usus, Bisa Mematikan

Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar kanker di usus besar berkembang dari polip (Tumor Kecil) yang terbentuk di dalam lapisan dalam usus besar.

Tidak semua polip ini berubah menjadi kanker, namun bisa berubah jadi kanker jika polip itu mengandung sel abnormal dan memiliki 2 atau lebih polip di dalam usus besar meningkatkan kemungkinan terkena kanker usus besar.

Dikutip dari Verywellhealth.com senin, (21/10/24) beberapa faktor meningkatkan risiko terkena kanker usus besar, seperti usia, obesitas, keturunan dan lain sebagainya.

Secara tidak langsung pola hidup tidak sehat juga turut menyumbang kemungkinan kanker usus.

Berikut gejala kanker usus yang harus diwaspadai

1. Tinja Berdarah

Sembelit, diare, dan sakit perut bisa menjadi gejala kanker kolorektal, namun tinja berdarah dapat menjadi pertanda keras dari penyakit ini.

2. Diare atau sembelit

Gejala umum lainnya adalah diare atau sembelit yang bisa dikatakan kronis, gejala ini bahkan ditambah dengan sakit luar biasa diperut bagian bawah. Aktivitas diare dan sembelit ini biasanya ditambah dengan perasaan tidak nyaman yang bahkan terkadang pengidap kanker usus akan mengalami mual dan muntah saat terkena diare/sembelit.

Gejala ini menjadi pertanda awal dan kadang memang bisa terjadi akibat kondisi tertentu. Namun apabila anda telah mengalami Kelelahan, sering merasa BAB tidak tuntas, perubahan pada bentuk tinja yang terjadi lebih dari sebulan, dan berat badan turun drastis segera lakukan pengecekan di rumah sakit.

Bahaya kanker usus sama seperti jenis kanker lainnya, yaitu penyebarannya yang cepat. Jika anda merasakan beberapa gejala seperti sakit kuning (ikterus), pandangan kabur, pembengkakan pada lengan dan tungkai, serta sesak nafas. Segera hubungi tenaga medis.

Penyebab Kanker Usus

1. Pola makan kurang serat

Pola makan berantakan dapat menyebabkan potensi terkena kanker usus, memakan makanan yang terpapar microplasti dapat menyebabkan kanker ini cepat menyebar.

Kurang konsumsi makanan berserat juga menjadi faktor, perbanyak makan sayur dan buah yang berserat untuk menghindari terkena kanker usus.

2. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan lemak

Hidangan daging merah dan lemak yang dibakar dengan suhu terlampau tinggi dapat berubah menjadi zat karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Daging yang telah diawetkan juga mengandung zat karsinogen yang berbahaya untuk tubuh.

3. Minuman Beralkohol

Menurut American Cancer Society, alkohol merupakan faktor penyebab kanker usus besar dan kanker-kanker lainnya, seperti kanker hati, kanker payudara, dan kanker mulut. Semakin banyak jumlah alkohol yang dikonsumsi, maka semakin besar risiko terkena kanker usus besar.

4. Faktor Keturunan

Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor genetik adalah 1 dari 4 penyebab kanker usus besar yang paling utama. Hal ini diduga berkaitan dengan mutasi genetik yang berhubungan dengan pengembangan FAP (Familial Adenomatous Polyposis) dan HNPCC (Hereditary Non-Polyposis Colorectal Cancer).

5. Etnis dan Ras

Dikutip dari Verywellhealth.com senin, (21/10/24) Etnis dan ras juga merupakan faktor yang terkait dengan risiko kanker. Orang Afrika-Amerika lebih mungkin berkembang dan meninggal karena kanker usus besar daripada orang Kaukasia. Kelompok berisiko tinggi lainnya untuk terkena kanker usus besar adalah orang-orang keturunan Yahudi Eropa Timur.

Cara Menangani

1. Jadwalkan Screening Kanker Usus Besar
2. Makan makanan yang bergizi
3. Rajin berolahraga
4. Berhenti merokok
5. Jaga berat badan tubuh
6. Ketahui riwayat kesehatan keluarga (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro