Yovie Widianto/instagram
Entertainment

Sosok Yovie Widianto, Musisi yang Dilirik Prabowo Masuk Kabinet

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Oktober 2024 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain Raffi Ahmad, kalangan selebriti lain yang diundang Prabowo ke kediamannya di Kertanegara hari ini adalah Yovie Widianto.

Dia mengaku pertemuannya dengan Prabowo membahas strategi pengembangan sektor ekonomi kreatif yang semakin pesat di Indonesia.

Meski demikian, Yovie tidak menjelaskan akan menjadi apa dalam kabinet tersebut.

Dilansir dari wiki musisi, Yovie Widianto pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Januari 1968 dikenal sebagai salah satu pendiri dan personel grup musik Kahitna di posisi keyboard.

Yovie memang memotori band yang awalnya bermain fusion jazz dan kemudian berbelok ke pop itu sejak didirikan pada 1986.

Selain itu, Yovie juga dikenal sebagai pencipta lagu ternama di belantika musik Indonesia.

Dia bahkan sukses mengorbitkan banyak lagu beserta penyanyinya melalui karya-karyanya yang bernuansa cinta, seperti Rio Febrian, Audy, Tetty Manurung, Rida Sita Dewi, Rita Effendi, Yana Julio, Pinkan Mambo, Delon, Astrid, Chrisye, Glenn Fredly, Lingua, Andity, Ihsan, Dirly, Ghea, Bening, Lisa A.Riyanto, Hedi Yunus, Dea Mirella, Rossa, Ressa Herlambang, Monita, dan sebagainya. Yovie juga menjadi Juri Indonesian Idol 2 menggantikan Dimas Djayadiningrat.

Lahir di Bandung, 21 Januari 1968. Yovie pada awalnya bermain aliran fusion jazz dan kemudian berbelok ke pop. Berbagai prestasi nasional dan internasional diraih Yovie.

Salah satunya adalah the Best Composer pada Young Star International Festival di Taipei, Taiwan tahun 1991.

Di ajang AMI Awards 2009, Yovie mendapatkan nominasi terbanyak sebanyak 7 nominasi, dalam kategori duo/kolaborasi/grup terbaik, penata musik terbaik, pendatang baru terbaik dari yang terbaik, album terbaik dari yang terbaik, karya produksi terbaik dari yang terbaik.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro