Kopi dan Biji Kopi. Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

6 Makanan yang Bisa Memicu Batu Empedu

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Oktober 2024 - 19:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan kantong empedu penting sebagai sekresi dan membantu pemecahan lipid.

Di sisi lain, pola makan yang tinggi makanan tidak sehat dapat menyebabkan batu empedu, yaitu batu empedu yang mengeras dan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan masalah lainnya.

Untuk menjaga kandung empedu kita dalam kondisi baik dan terhindar dari batu empedu, kita harus memperhatikan apa yang kita makan.

Berikut beberapa makanan yang bisa sebabkan batu empedu

1. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Makanan yang digoreng dan tinggi lemak tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan ringan olahan, dan daging goreng, dapat memicu masalah kandung empedu.

Makanan ini sulit dicerna dan dapat membuat kandung empedu bekerja terlalu keras, sehingga dapat menyebabkan peradangan.

Batu empedu, yang terjadi ketika empedu mengandung kolesterol dalam jumlah berlebihan, mungkin juga disebabkan oleh kandungan lemak yang tinggi.

2. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula

Asupan gula yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko pembentukan batu empedu. Makanan manis dapat mengganggu keseimbangan garam empedu dan kolesterol, sehingga menyebabkan berkembangnya batu empedu.

Pola makan kaya gula sering kali berkontribusi terhadap penambahan berat badan, yang diketahui merupakan faktor risiko penyakit kandung empedu.

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan kue kering, kekurangan serat dan nutrisi penting. Pola makan yang tinggi karbohidrat olahan ini dapat meningkatkan risiko batu empedu dengan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin, yang bisa membahayakan empedu.

4. Daging olahan

Daging olahan seperti daging beku mengandung banyak lemak tidak sehat dan bahan pengawet. Makanan ini dapat membebani kantong empedu dan meningkatkan kemungkinan berkembangnya batu empedu.

Kandungan natrium yang tinggi pada daging olahan dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan pada kantong empedu

5. Produk susu penuh lemak

Produk susu yang tinggi lemak bisa menimbulkan masalah bagi kantong empedu. Susu berlemak penuh, keju, dan es krim dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam empedu, yang mungkin berkontribusi terhadap pembentukan batu empedu.

Meskipun produk susu merupakan sumber penting kalsium dan nutrisi lainnya, memilih versi rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu melindungi kantong empedu Anda.

6. Minuman beralkohol dan berkafein

Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang mungkin tidak berbahaya bagi semua orang, alkohol berlebihan dapat menyebabkan penyakit kandung empedu dan pembentukan batu empedu.

Ini dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang mempengaruhi komposisi empedu. Minuman berkafein, terutama yang mengandung tambahan gula atau krimer, juga bisa menimbulkan masalah jika dikonsumsi berlebihan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro