Olahraga lari baik bagi kesehatan tubuh dan bisa meningkatkan nilai di sekolah dan universitas
Health

Olahraga Bisa Bantu Tingkatkan Nilai Akademik

Redaksi
Senin, 7 Oktober 2024 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rutin berolahraga tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik saja, tetapi juga berpengaruh terhadap peningkatan nilai akademik Anda. Bagaimana penjelasannya?

Ketika Anda belajar, Anda memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Kurangnya fokus saat belajar menjadi salah satu penyebab Anda tidak bisa belajar dengan maksimal.

Dilansir dari situs resmi Open Universities Australia, Senin (7/10/2024), ini hubungan antara olahraga dengan belajar:

1. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau aerobik dapat memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otak sehingga membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu olahraga dapat membantu neurogenesis atau proses pembentukan neuron baru di otak.

2. Olahraga merangsang pelepasan neurotransmitter

Ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan dopamin, noradrenalin, dan serotonin. Ini akan membantu pertumbuhan sel otak, meningkatkan motivasi, fokus, dan mengontrol stress.

3. Olahraga dapat meningkatkan konsolidasi memori

Bersamaan dengan stimulasi neurotransmitter, memori jangka pendek bisa berubah menjadi jangka panjang.

4. Olahraga memperkuat koneksi saraf

Berolahraga akan meningkatkan plastisitas otak, di mana secara sederhana ini merupakan kemampuan otak Anda untuk berubah sehingga Anda dapat belajar dan beradaptasi.

5. Olahraga akan meningkatkan kualitas tidur

Secara tidak langsung, olahraga berkontribusi dalam peningkatan memori, fungsi kognitif, dan kinerja akademik.

Untuk hasil belajar yang lebih baik, Anda harus menyesuaikan jenis olahraga yang tepat. Misalnya, ketika Anda sulit untuk fokus atau sulit mengingat materi, Anda dapat melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Latihan ini menggabungkan gerakan dengan intensitas tinggi dan rendah secara bergantian. Contohnya dengan jalan cepat selama 30 detik kemudian berjalan santai selama 30 detik selanjutnya.

Apakakah Anda Merasa tidak termotivasi?

Ketika Anda sedang tidak termotivasi untuk belajar, Anda dapat mencoba olahraga yang dikenal dengan “runner’s high” atau olahraga dengan intensitas tinggi, seperti berlari. Olahraga ini akan membantu meningkatkan hormon bahagia dan akan merangsang motivasi Anda untuk belajar. 

Apakah Anda Merasa stres?

Bila Anda dilanda stres, Anda dapat melakukan yoga atau tai chi di pagi hari. Olahraga ini akan membangunkan tubuh dan pikiran, sekaligus menenangkan saraf dan menjernihkan pikiran. Olahraga ini tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan mengontrol tubuh untuk lebih rileks. 

Saat Anda merasa lelah, pulihkanlah tenaga Anda dengan jalan santai atau jogging di luar ruangan. Berolahraga dengan udara segar dapat membantu mengirimkan banyak oksigen ke otak. 

Kunci dari peningkatan nilai akademik adalah melalui gaya belajar yang diterapkan. Gaya belajar yang diterapkan harus efektif agar hasilnya maksimal. Olahraga dalam hal ini membantu Anda untuk belajar lebih baik sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik Anda. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro