Ilustrasi mata merah/
Health

Menggosok Mata Berlebihan Bisa Bikin Infeksi hingga Kerusakan Retina

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Oktober 2024 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengucek matanya baik karena sengaja atau tidak.

Seperti saat kemasukan debu, gatal, atau saat tertidur tanpa kita sadari.

Meskipun dapat meringankan gejala kita untuk sementara, mengucek mata berulang kali dapat membahayakan mata kita, apalagi jika kita melakukannya secara rutin.

Menjadi sangat penting untuk menyadari bahwa mungkin ada dampak yang lebih serius daripada yang kita sadari, seperti kerusakan retina.

Berikut adalah dampak dari menggosok mata berulang kali dan pengaruhnya terhadap penglihatan kita

1. Peningkatan risiko kerusakan retina

Tekanan yang ditimbulkan oleh menggosok mata pada retina—lapisan jaringan di belakang mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal visual—adalah salah satu bahaya paling umum yang terkait dengannya.

Sebuah studi tahun 2022 “Digital Eye Strain- A Comprehensive Review,” menunjukkan bahwa memberikan tekanan yang sering atau berlebihan pada mata dapat menyebabkan ketegangan pada retina.

Dalam kondisi ekstrem, ketegangan ini dapat menyebabkan ablasi retina, suatu kelainan berbahaya yang menyebabkan retina menyimpang dari posisi biasanya dan menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani.

2. Memburuknya kondisi mata yang ada

Hal terakhir yang harus dilakukan seseorang jika sudah mempunyai masalah mata seperti glaukoma atau miopia (rabun jauh) adalah mengucek mata. Secara khusus, peningkatan tekanan di dalam mata pada glaukoma menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Mengucek mata mungkin akan meningkatkan tekanan ini untuk sementara, sehingga menambah kerusakan tambahan seiring berjalannya waktu.

3. Penipisan dan melemahnya kornea

Suatu kelainan yang disebut keratoconus, yaitu kornea—permukaan mata yang transparan dan berbentuk kubah—mulai menipis dan menonjol keluar hingga berbentuk kerucut, juga berhubungan dengan gesekan mata. Dalam situasi yang parah, perubahan struktural ini dapat mengakibatkan gangguan penglihatan dan pada saat itu diperlukan operasi transplantasi kornea. Orang yang sering menggosok mata lebih mungkin terkena keratoconus, menurut penelitian

4. Risiko infeksi dan reaksi alergi

Setiap kali kita menggosok mata, kita memindahkan kuman, debu, dan alergen dari tangan kita ke area sensitif di sekitar mata kita. Hal ini dapat memperburuk reaksi alergi yang sudah ada sebelumnya dan mengakibatkan infeksi seperti konjungtivitis, atau mata merah. Meskipun mata kering atau alergi sering kali menjadi penyebab rasa gatal dan iritasi yang menyebabkan mengucek mata, namun menggosok dapat memperburuk gejala-gejala ini dan memulai lingkaran setan penderitaan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro