Inacraft 2024
Travel

Inacraft Kembali Hadir, Pamerkan Karya Entrepreneur Muda

Mutiara Nabila
Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pameran kerajinan tangan, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), kembali hadir pada Oktober untuk ketiga kalinya tahun ini.

Setelah pertama kali digelar pada 2022, INACRAFT On October Vol.3 akan diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), tak tanggung-tanggung menggunakan seluruh hall.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, pada gelaran INACRAFT on October tahun ini akan lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) kepada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya. 

"Dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya, diharapkan para perajin dan pelaku usaha muda dapat meraih peluang pasar agar semakin dikenal dan sukses sebagai generasi penerus dalam menjaga kekayaan budaya Indonesia," ujar Baby Jurmawati, Ketua Umum ASEPHI 2019-2024 dalam konferensi pers, Selasa (1/10/2024). 

Dengan jumlah tenant yang lebih banyak dari tahun sebelumnya, tahun ini ASEPHI juga melakukan kurasi peserta pameran yang lebih ketat melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk atau zoning.

"Harapannya ini bisa memudahkan pembeli dalam mencari produk di area pameran. Nantinya akan ada 8 Zoning Area dimulai dari area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware, dan berbagai zona lainnya," paparnya.

Assembly Hall misalnya, akan digunakan untuk pameran perhiasan dan aksesoris, kemudian Cendrawasih Hall untuk pameran beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya. 

Setelah itu pada Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh nusantara, dan Lobby Hall A akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi. 

Lalu, pada Hall B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya. Pada Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products homeliving, serta decorative items. 

Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3. 

Pada tahun ini, INACRAFT juga akan menggelar program seperti Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, serta Craft Talks & Workshop, serta INACRAFT Appreciation Night. 

"Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m² dengan total peserta keseluruhan 897 stand. Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta Dinas sebanyak 80 stand, Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand," imbuh Baby.

Pameran INACRAFT on October Vol.3 akan mulai dibuka untuk umum pada 2 Oktober 2024 dari pukul 10:00 s.d. 22:00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp25.000. Adapun, khusus mahasiswa bisa masuk secara gratis.

Pengunjung dapat membeli tiket dengan melakukan pre-registrasi pada website official INACRAFT yaitu inacraft.co.id atau inacraffoktober2024.com.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro