Ilustrasi jogging/freepik
Health

4 Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Liver

Mia Chitra Dinisari
Senin, 23 September 2024 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hati atau liver Anda adalah salah satu organ yang bekerja paling keras di tubuh Anda.

Dari detoksifikasi darah hingga metabolisme nutrisi, penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima. Meskipun pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan hati, olahraga teratur juga penting untuk kesehatan hati.

Anda tidak memerlukan rutinitas olahraga yang intens untuk melihat menjaga kesehatan hati Anda.

Dilansir dari timesofindia, konsistensi menjadi sangat penting dalam olahraga dan kesehatan hati. Sebuah studi "Pengaruh Latihan Fisik pada Penyakit Hati Berlemak" menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan fungsi hati.

Tujuannya adalah menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda. Anda tidak harus pergi ke gym—pilih aktivitas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Baik itu menari, bersepeda, atau jalan cepat, sesi harian ini akan membuat hati Anda bekerja lebih efisien, membantu mengurangi timbunan lemak dan meningkatkan detoksifikasi.

Berikut 5 olahraga mudah yang dapat meningkatkan kesehatan hati Anda dalam waktu sebulan.

1. Berjalan cepat

Jalan cepat adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan hati. Dampaknya rendah, membuatnya lembut pada persendian Anda, namun cukup kuat untuk meningkatkan detak jantung Anda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Penn State College of Medicine, latihan aerobik seperti jalan cepat dapat mengurangi lemak hati, yang sering dikaitkan dengan kondisi seperti penyakit hati berlemak. Usahakan untuk berjalan kaki 20-30 menit setiap hari.

2. Hiking

Jika Anda menikmati alam bebas, hiking adalah pilihan bagus lainnya. Tidak hanya memberikan dorongan kardio, berjalan di medan yang tidak rata juga melatih otot inti dan tubuh bagian bawah.

Mendaki gunung membantu meningkatkan sirkulasi dan mendukung fungsi hati dengan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Selain itu, berada di alam bebas dapat mengurangi stres, yang selanjutnya dapat bermanfaat bagi kesehatan hati karena stres kronis dapat membahayakan fungsi hati. Cobalah untuk mendaki setidaknya sekali seminggu untuk merasakan manfaat fisik dan mental.

3. Push-up dan squat

Latihan yang melibatkan latihan kekuatan, seperti squat dan push-up, bermanfaat bagi hati Anda. Latihan ini meningkatkan massa otot secara keseluruhan, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme lemak dan glukosa.

Dengan demikian, hati tidak terlalu terbebani dengan lemak. Melakukan serangkaian push-up dan squat setiap hari akan memperkuat inti dan tubuh bagian bawah, sekaligus mendukung kemampuan hati Anda untuk memproses lemak dengan lebih efisien. Mulailah dari yang kecil, dengan 10-15 repetisi, dan tingkatkan secara bertahap.

4. Pilates

Pilates adalah bentuk olahraga lembut namun efektif yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan, dan pernapasan terkontrol. Ini sempurna untuk meningkatkan kekuatan inti dan sirkulasi yang lebih baik ke seluruh tubuh. Karena hati merupakan pusat penyaringan darah, sirkulasi yang lebih baik dapat secara langsung meningkatkan fungsi hati.

Pilates dapat membantu mengurangi stres, yang berdampak positif pada kesehatan hati. Tambahkan sesi Pilates 15-20 menit beberapa kali seminggu untuk hasil optimal.

 
 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro