Soup Ikan RM Taman Taktakan, Cilegon, Banten, makanan khas Banten yang berisikan Ikan Kuwe dipadukan sup ikan yang segar./Bisnis-Muhammad Olga
Kuliner

Jelajah Pelabuhan 2024: Sop Ikan Taktakan, Kuliner Menggoyang Lidah Khas Banten

Muhammad Olga
Sabtu, 21 September 2024 - 23:00
Bagikan

Bisnis.com, CILEGON - Jelajah Pelabuhan dan Logistik 2024 Bisnis Indonesia sudah mengunjungi 7 pelabuhan yang ada di lima Provinsi, yaitu Daerah Khusus Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Tak hanya perkembangan pelabuhan yang tersorot oleh lensa kamera dan pandangan mata tim Jelajah Pelabuhan dan Logistik 2024 Bisnis Indonesia, tetapi juga beragam kuliner yang menggiurkan di sekitar pelabuhan yang dikunjungi.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Soup Ikan di RM Taktakan Cilegon. Bagi Pecinta kuliner ikan, mungkin sudah terbiasa dengan kuliner ikan goreng, bakar, maupun pepes, bisa mencoba Soup Ikan Taktakan sebagai pilihan baru.

RM yang menyediakan makanan khas Banten itu, berada sekitar 2 kilometer sebelum Port Of Banten, pelabuhan Ciwandan yang dikelola oleh PT Pelindo (Persero), tepatnya di Jalan Raya Karang Bolong KM 6, Cilegon,Banten.

Soup Ikan RM Taman Taktakan merupakan makanan khas asal wilayah Serang, Banten. Berbeda dengan sup ikan pada umumnya seperti wilayah lain, sup ikan yang disediakan memiliki perbedaan kuah, yaitu kuah bening tanpa ada kunyit di dalamnya.

1726931034_9ef551cb-5fdd-4690-9bee-7c4fb4b76bc4.
1726931034_9ef551cb-5fdd-4690-9bee-7c4fb4b76bc4.

Ikan yang digunakan adalah ikan laut jenis kuwe, yang memiliki tektur lembut dan tak banyak duri. perpaduan sup ikan dengan beberapa sayuran di dalamnya, mulai dari daun bawang, tomat, jeruk nipis hingga sereh, membuat aroma ikan tidak amis, serta memiliki cita rasa kuah nan segar.

Lokasinya yang berada di jalur menuju lokasi wisata pantai Anyer, Carita dan beberapa pantai lainnya, membuat sup ikan Taktakan jadi pilihan kuliner wisatawan.Aufa (21) salah satunya, Wisatawan asal Tangerang itu sering mampir ke RM Taman Taktakan saat sedang berkunjung ke Cilegon dan Pantai sekitarnya.

Menurutnya, segarnya kuah serta ikan yang tak beraroma amis sangat menggugah selera. Apalagi jika dikombinasikan dengan makanan laut lainnya seperti cumi goreng tepung, dan udang goreng saus mentega.

"Kalau cumi dan udang mungkin sudah sering kita dapetin di daerah seperti Tangerang, Jakarta, tapi kalau sup ikan ini yang jarang bisa kita dapetin disana, cuma di Cilegon dan Serang. Jadi pasti mampir" Ujar Aufa kepada Bisnis.

Jelajah Pelabuhan 2024: Sop Ikan Taktakan, Kuliner Menggoyang Lidah Khas Banten

Sup Ikan RM Taman Taktakan terrsedia dengan dua variasi porsi, yaitu 1/2 porsi cukup untuk dua orang dengan isi empat potongan kecil ikan, serta satu porsi soup ikan yang cukup untuk lima orang dengan potongan besar.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro