Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

Ini Lho Penyakit Jantung yang Paling Umum Menyerang

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 September 2024 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Kebanyakan dari kita mengenal sakit jantung hanya berupa jantung koroner, tapi ternyata menurut sebuah penelitian terbaru, penyakit jantung fibrilasi atrium, juga dikenal sebagai Afib tiga kali lebih umum menyerang.

Dilansir dari parade, menurut sebuah penelitian pada bulan September 2024 di Journal of American College of Cardiology fibrilasi atrium adalah irama jantung tidak teratur di ruang atas jantung.

Jenis penyakit jantung yang paling umum ini juga merupakan faktor penyebab kondisi kesehatan seperti pembekuan darah, stroke, serangan jantung, masalah jantung lainnya, dan bahkan demensia.

Studi baru-baru ini menggabungkan database layanan kesehatan California, yang secara khusus berfokus pada orang dewasa berusia 20 tahun ke atas, dari tahun 2005 hingga 2019. Dari 29.250.310 pasien, usia rata-rata adalah sedikit di atas 50 tahun, dan lebih dari separuh pasien adalah wanita dan berkulit putih.

Studi tersebut menemukan bahwa 6,8 persen dari pasien tersebut memiliki diagnosis Afib. Itu berarti lebih dari 10,5 juta orang dewasa jumlah yang hampir tiga kali lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya: 3,3 juta.

Tanda, Faktor Risiko dan Pengobatan Fibrilasi Atrium

Gejala Afib meliputi detak jantung cepat, nyeri dada, pusing, kelelahan, sakit kepala ringan, berkurangnya kemampuan berolahraga, sesak napas, dan lemas, meskipun beberapa orang mungkin tidak merasakan gejala apa pun.

Faktor risiko termasuk riwayat keluarga AFib, tekanan darah tinggi, penyakit tiroid dan banyak lagi.

Untuk mengobati Afib, penyedia layanan kesehatan dapat mendorong perubahan gaya hidup, seperti olahraga dan manajemen stres; obat-obatan, seperti beta-blocker atau pengencer darah; operasi; atau pengobatan untuk kelainan yang mendasarinya, seperti sleep apnea.

Untuk mengurangi risiko Anda, teruskan praktik kesehatan jantung yang tercantum di bagian pendahuluan.

Meskipun fibrilasi atrium lebih umum terjadi daripada yang diperkirakan sebelumnya, langkah-langkah untuk mencegahnya hampir sama dengan langkah-langkah yang mungkin sudah Anda lakukan untuk kesehatan jantung.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro