Bocah Indonesia
Health

Bocah Indonesia Dapatkan Sertifikat The Reproductive Accreditation Committee

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 September 2024 - 23:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 1 Juta lebih warga negara Indonesia berobat ke luar negeri. Oleh karena hal itu Indonesia kehilangan US$11,5 miliar atau setara dengan Rp180 triliun.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2024, menunjukkan pula bahwa hampir dua kali lipat warga Indonesia yang melakukan pengobatan ke luar negeri dibandingkan tahun 2022.

Hal ini tentu menjadi perhatian serius dalam sektor kesehatan, salah satunya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, hingga standar perawatan medis yang tinggi khususnya dalam hal program hamil.

Hal ini yang membuat Bocah Indonesia sebagai klinik fertilitas, mengikuti standar The Reproductive Accreditation Committee (RTAC) of Australia.

Proses akreditasi ini telah dilakukan oleh Mrs. Rhonda Williams, Lead Auditor dari Certification Partner Global (CPG) Australia pada 19 & 20 Agustus 2024.

Apa itu RTAC?

The Reproductive  Accreditation Committee (RTAC) merupakan komite akreditasi bidang teknologi reproduksi berbantu (TRB) atau yang dikenal dengan program bayi tabung yang dibentuk oleh Fertility Society of Australia (FSA). Fertility Society Australia (FSA) merupakan badan tertinggi dalam bidang reproduksi di Australia dan Selandia Baru.

Mendapatkan sertifikasi RTAC, menjadikan Bocah Indonesia telah mencapai sebuah tolak ukur internasional sebagai klinik fertilitas dengan layanan program bayi tabung dan meyakinkan setiap pasien bahwa pelayanan dan perawatan yang diberikan dengan mutu baik dan oleh tim medis yang bersertifikasi.

Terdapat dua kriteria sebagaimana yang tertuang dalam aturan skema, yaitu kriteria kritis atau critical criteria (CC) dan kriteria praktik baik atau good practice criteria (GPC).

Kriteria kritis atau critical criteria (CC) ini diaudit setiap tahun pada audit pengawasan. Sedangkan, kriteria praktik baik atau good practice criteria (GPC) ini dilakukan pada audit sertifikasi awal dan akan dilakukan 3 tahun sekali.

Klinik yang telah mendapatkan Sertifikasi RTAC juga harus memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk pasien yang ingin merencanakan program hamil sesuai dengan serangkaian standar yang telah ditetapkan berdasarkan sertifikasi internasional RTAC.

Dengan mendapatkan sertifikasi internasional RTAC ini, Bocah Indonesia sebagai klinik fertilitas juga dinilai memiliki fasilitas, peralatan, teknologi serta pelayanan program hamil dan bayi tabung yang mampu bersaing dengan klinik fertilitas tingkat internasional.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro