Ilustrasi jogging/freepik
Health

Kenali ACL, Cedera Lutut yang Sering Dialami Atlet

Redaksi
Rabu, 7 Agustus 2024 - 17:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Atlet, penari, dan orang lain dengan aktivitas tubuh ekstrim sering mengalami cedera anterior cruciate ligament atau ACL. 

Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada lutut? Melansir Mayoclinic dan Cleveland Clinic, ACL adalah salah satu ligamen di lutut yang menghubungkan tulang paha dengan tulang betis. 

Bentuk ACL seperti huruf X di bagian dalam sendi lutut. Huruf X ini dibentuk bersama PCL atau posterior cruciate ligament. ACL memiliki posisi lebih dekat ke tempurung lutut daripada PCL.

Tugas ACL adalah untuk mencegah lutut melakukan gerakan yang terlalu memutar atau menekan tulang. Inilah kenapa cedera lutut ACL selalu terjadi di lutut akibat kegiatan kaki yang tiba-tiba. 

ACL dikatakan sebagai cedera lutut yang paling umum terjadi. Menurut riset, ACL paling sering terjadi dalam kecelakaan mobil, olahraga, hingga terjatuh.

Setelah mengalami ACL, biasanya seseorang harus menjalani periode istirahat, operasi, hingga terapi. Tidak jarang pula, orang yang mengalami cedera ACL disarankan untuk tidak lagi melakukan aktivitas ekstrim karena adanya potensi memperparah keadaan ligamen. Semua ini tergantung tingkat keparahan cedera.

Jenis-jenis ACL

Terdapat 3 “kelas” ACL yang umum terjadi:

1. ACL Kelas 1

Cedera merusak ACL, tapi belum putus. ACL masih menjaga lutut dari cedera total.

2. ACL Kelas 2

Cedera mengakibatkan ACL meregang hingga putus sebagian. 

3. ACL Kelas 3

Cedera mengakibatkan ACL putus menjadi 2 bagian.

Gejala ACL

Ketika Anda mengalami ACL, biasanya cukup mudah untuk identifikasi gejalanya. Kebanyakan orang merasa sakit yang hebat, tetapi ada juga yang hanya merasa tidak nyaman ketika terjadi cedera ACL. Gejala langsung yang dapat dirasakan adalah:

- Suara “pop” atau terasa ada yang pecah di area lutut.

- Lutut terasa tidak stabil dan lemah.

- Tidak bisa melanjutkan aktivitas.

- Pembengkakan.

Jika Anda mengalami hal-hal di atas saat cedera, Anda dapat meminta opini ahli medis. Untuk mendiagnosis tingkat keparahan ACL, biasanya dilakukan tes visual seperti X-Ray, CT scan, atau MRI scan.

Cara Mencegah ACL

Ahli menyatakan bahwa tidak ada cara untuk benar-benar menghindari ACL, apalagi jika Anda seorang atlet profesional. Namun, Anda tetap dapat melakukan beberapa hal berikut untuk menurunkan potensi cedera:

- Gunakan perlengkapan pengaman yang disarankan.

- Lakukan pemanasan sebelum olahraga dan beraktivitas fisik lain, terutama di bagian paha dan betis.

- Jangan paksa melanjutkan kegiatan jika lutut terasa sakit selama kegiatan tersebut.

- Lakukan pendinginan dan peregangan yang baik.

- Hindari melangkah sambil memutar tubuh Anda–ini salah satu gerakan umum yang terjadi saat cedera ACL pada atlet. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro