Biji kopi dalam gelas yang disiapkan di Barista Basics Coffee Academy, Sydney, Australia. / Bloomberg-Jeremy Piper
Health

Kopi Sebabkan Dehidrasi, Mitos atau Fakta?

Mutiara Nabila
Jumat, 2 Agustus 2024 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kopi merupakan minuman yang begitu populer yang disukai banyak orang. Namun, kopi sering disangka jadi penyebab dehidrasi. Lalu apakah benar kopi menyebabkan dehidrasi, terutama di cuaca panas?

Kopi adalah minuman favorit yang dinikmati banyak orang. Kebanyakan orang minum kopi untuk mendapatkan tambahan energi, untuk meningkatkan konsentrasi, sampai menghilangkan kantuk. 

Berkat kandungan kafein di dalamnya, kopi dapat merangsang sistem saraf pusat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan. Kopi juga kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Namun, kopi sering dikaitkan dengan dehidrasi, apakah fakta atau mitos?

Kopi Bersifat Diuretik

Mengutip Health Shots, diuretik mendorong pelepasan kelebihan air, garam, racun, dan produk metabolisme yang terkumpul, seperti urea dari tubuh. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Urology Annals Journal, meskipun orang menyukai kopi karena kandungan kafeinnya, sedikit yang mereka tahu bahwa kopi memiliki efek diuretik pada ginjal. Hal ini terutama berlaku jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Kopi bertindak sebagai diuretik alami dan meningkatkan produksi dan ekskresi urin. Efek ini terutama disebabkan oleh kafein, yang merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium dan air ke dalam urin.

Akibatnya, para peminum kopi mungkin akan lebih sering buang air kecil setelah minum kopi. 

Zat diuretik sendiri sebenarnya sering digunakan secara medis untuk mengelola kondisi seperti tekanan darah tinggi dan retensi cairan dengan membantu menyeimbangkan cairan tubuh. Namun, penggunaan yang tidak tepat atau konsumsi berlebihan memang dapat memengaruhi tingkat hidrasi.

Lantas apakah kopi dapat membuat Anda dehidrasi?

Menurut studi, kopi sendiri tidak akan membuat dehidrasi. Jadi, kekhawatiran utamanya muncul dari konsumsi kafein yang terlalu banyak. 

Kafein memiliki efek diuretik, yang akan meningkatkan produksi urine dan dapat menyebabkan kehilangan air. Inilah yang menyebabkan banyak orang khawatir minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan dehidrasi. 

Meskipun efek diuretik ini dapat menyebabkan kehilangan cairan sementara, konsumsi kopi dalam jumlah sedang biasanya tidak akan mengakibatkan dehidrasi yang signifikan. 

Faktanya, kopi terbuat dari lebih dari 98 persen air dan jika diminum secara teratur, tubuh akan membangun toleransi terhadap kafein dari waktu ke waktu dan akan memperkecil kemungkinannya mengalami efek diuretik. 

Namun, perlu diingat bahwa minum kopi atau minuman berkafein lainnya dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro