Tipe kepribadian
Health

Cara Kepribadian MBTI Saat Menunjukkan Kasih Sayang

Redaksi
Jumat, 26 Juli 2024 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang mempunyai cara menunjukkan kasih sayang yang berbeda-beda dan tergantung dengan jenis kepribadiannya.

Kepribadian versi MBTI mengelompokkan manusia menjadi 16 tipe. Setiap tipe dapat dibedakan dari cara mereka mengambil keputusan, atau cara mereka menunjukkan kasih sayang.

Simak 16 kepribadian MBTI menunjukkan rasa kasih sayang mereka, dilansir dari 16personalities.com dan Psychology Junkie.

1. INTJ

INTJ jarang terlihat besar-besaran dalam mengumumkan rasa cinta mereka. Mereka sangat berhati-hati dan sering merencanakan masa depan mereka. Inilah kenapa, jika INTJ bertemu orang yang mereka sayangi–koneksi yang terbentuk sangat dalam.

INTJ akan menjaga rasa hormat terhadap pasangannya. Mereka lebih suka membicarakan hal-hal yang menarik bagi mereka dan membentuk keintiman melalui jiwa daripada fisik.

2. INTP

INTP seringkali terlihat mengintimidasi, tetapi sebenarnya sangat cerah dan bersemangat ketika sedang jatuh cinta. Cenderung open-minded dan “sat-set” dalam hubungan mereka tidak suka memainkan perasaan. Ini dapat membentuk hubungan yang penuh kejujuran.

3. ENTJ

ENTJ percaya diri ketika jatuh cinta dengan seseorang. Mereka sering membayangkan masa depan dengan pasangan dan selalu memiliki rencana terhadap masalah. Karena hobi mereka adalah perencanaan, pasangan ENTJ dapat bersantai ketika berada dalam hubungan. 

4. ENTP

ENTP adalah teman yang seru dan beraura positif. Hal ini membuat mereka mudah dekat dengan orang lain. ENTP suka ketika mereka membuat koneksi dengan orang lain, dengan cara apapun. Hal ini membuat kehidupan ENTP bersama pasangan menjadi menyenangkan dan mudah dalam mencari sisi positif kehidupan. 

5. INFJ

INFJ adalah sekelompok orang yang thoughtful secara alami. Sangat mudah bagi mereka untuk berempati. Dalam suatu hubungan bersama INFJ, akan sangat mudah merasa aman dan nyaman secara emosional. Anda akan mudah bercerita dan menjadi diri sendiri dengan seorang INFJ, jika mereka memilih Anda. Mereka cenderung misterius dan pemilih dalam hubungan romantis.

6. INFP

INFP merupakan pendengar yang baik, tetapi termasuk kelompok orang “nggak enakan”. Walaupun demikian, jika bertemu orang yang tepat, INFP dapat menghilangkan perasaan tersebut dengan cepat. INFP senang mengenal seseorang secara mendalam. Mereka tidak merasa keberatan ketika harus memproses perasaan sulit, karena hal ini membuat mereka lebih paham suatu situasi dari segala sudut pandang.

7. ENFJ

Jika berada dalam hubungan dengan ENFJ, Anda akan sering merasa kehangatan dan sangat dihargai. Mereka menilai bahwa hubungan romantis adalah salah satu inti dari  kehidupan. ENFJ juga condong lebih menyukai memberi words of affirmations pada pasangan.

8. ENFP

ENFP merupakan tipe yang senang bersosialisasi. Namun, segala hal akan mereka berikan pada pasangan mereka. Spontan dan penuh rasa antusias, ENFP dapat membuat pasangan merasa nyaman sekaligus terisi energinya.

9. ISTJ

ISTJ adalah tipe yang sangat setia. Anda tidak akan merasa diombang-ambing dalam hubungan ini, karena mereka begitu praktis dan yakin dengan diri sendiri. ISTJ jatuh sangat dalam apabila berada dalam hubungan romantis, tetapi mereka menunjukkannya dengan cara-cara kecil.

10. ISFJ

ISFJ lebih suka memulai sebagai teman sebelum menjalani hubungan romantis. Hal ini karena mereka menjaga jarak dan sangat mengapresiasi koneksi spesial. Sekalinya Anda berada dalam hubungan bersama ISFJ, Anda akan merasakan validasi dan dukungan emosional yang besar. Anda akan merasa sangat diapresiasi sebagai pasangan.

11. ESTJ

Hubungan romantis dengan seseorang, bagi ESTJ, adalah fondasi untuk masa depan mereka. ESTJ menunjukkan rasa sayang mereka melalui stabilitas dan keamanan, hingga Anda merasa yakin bahwa segalanya dapat mereka tangani.

12. ESFJ

ESFJ menganggap hubungan sosial adalah suatu hal yang harus kuat dan tanpa retakan. Hal ini membuat ESFJ penuh tanggung jawab dan suportif. Mereka senang membuat acara dan merayakan orang-orang tersayangnya.

13. ISTP

ISTP senang merasa bebas dan mandiri. Maka, jika Anda berada dalam hubungan bersama mereka, hormati kebebasan dan jalan yang mereka pilih. Selain itu, ISTP senang membantu pasangan mereka melalui acts of service–praktis dan langsung hadir.

14. ISFP

Berlawanan dengan sifat “petualang” mereka, ESFP sangat lembut dalam percintaan. Mereka lebih suka menunggu perasaan muncul sendirinya. Ketika hal tersebut terjadi, ESFP sangat memperhatikan pasangan mereka–apa yang mereka sukai, cerita mereka, dan sebagainya. 

15. ESTP

ESTP lebih suka berbagi pengalaman menyenangkan bersama pasangan mereka. Perasaan dan pembicaraan filosofis tidak begitu menarik bagi ESTP. Ketika berada dalam hubungan bersama mereka, Anda akan sering merasa menyala dan bersemangat.

16. ESFP

ESFP termasuk orang yang bergairah dalam hidup. Apabila mereka jatuh cinta, mereka akan melakukan terjun bebas. Hal ini juga menular pada pasangan Anda–aktivitas biasa dapat menjadi menyenangkan bersama ESFP. Mereka juga termasuk tipe orang yang jujur. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro